Agro Bisnis Indonesia

Monday, May 18, 2015

Jual Pakan Marmut Instant Siap Saji Murah

fermentasi pakan ternak instant cepat murah rumput dan sayuran marmut kelinci
Marmut sebagai hewan ternak kesayangan/klangenan dan ternak konsumsi memiliki peluang cukup besar untuk dibudidayakan setelah saya cermati dari beberapa postingan tentang marmut yang cukup mendominasi diblog ini mulai dari prospek bisnis ternak marmut, pembuatan pakan marmut, pembuatan kandang marmut, perawatan marmut, dan terkait bisnis marmut untuk ternak hias maupun ternak marmut potong untuk diambil dagingnya.

Berawal dari informasi tentang prospek bisnis marmut sebagai bahan makanan dan obat-obatan sehingga banyak peternak marmut semakin berkembang di daerah kami, beberapa jenis marmut potong mulai dijadikan pilihan untuk diternakkan karena ukuran yang cukup besar seberat 500 hingga 700 gram perekor untuk jenis kadut, berbeda dengan jenis lokal yang memiliki berat kurang dari 500 gram. Marmut kadut memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dan permintaan pasar yang terus meningkat sebagai marmut potong dibanding sebagai marmut hias. Peluang ternak marmut kadut lebih menjanjikan karena permintaan yang besar untuk warung dan rumah makan walaupun harga perekor sekitar Rp. 20.000 tapi hitung-hitung dibanding marmut hias angora, lion, Abyssinian , breed , Crested , Alpaca , coronet , Peruvian , Sheltie , Texel , Rex , teddy , Swiss , Skinny/ Baldwin , dan lain-lain yang memiliki nilai jual lebih dari Rp. 100.000,- per ekor tapi pembeli tidak banyak karena harga tidak terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, terlebih lagi untuk pembelian pakan khusus serta manfaat memelihara marmut hias. Jelas, memelihara marmut potong lebih bermanfaat karena selain bisa dijual dengan mudah juga bisa dikonsumsi sendiri. Anda bisa bayangkan jika harus mengkonsumsi daging marmut yang harga perekornya di atas 100.000, kira-kira bagian mana yang akan disantap dulu.
Dalam pemeliharaan ternak marmut, pakan selalu menjadi kendala pada musim-musim tertentu atau karena ada kebutuhan/acara yang tidak bisa mendapatkan makanan khusus untuk ternak marmut. Membeli pakan marmut siap saji adalah pilihan terakhir, akan tetapi jika harganya lebih murah dibanding mencari sendiri menggunakan pakan marmut dalam bentuk pelet atau konsentrat khusus marmut itu lebih baik karena mencari pakan rumput yang cocok untuk pakan marmut butuh waktu dan tenaga, jika anda bisa berhitung membeli pakan marmut lebih hemat dibanding memilih mencari rumput untuk pakan marmut walaupun gratis tinggal babat kiri-kanan. Saya sendiri dulu butuh waktu tak kurang dari 1 jam untuk mencari rumput pakan marmut karena untuk mendatangi lokasi pakai motor dan jaraknya jauh ketika musim kemarau, padahal waktu 1 jam untuk mengerjakan sesuatu yang lebih produktif menghasilkan uang lebih dari biaya untuk membeli pakan marmut. Contoh, dalam 1 jam bekerja menghasilkan uang Rp. 10.000, untuk beli pakan marmut Rp. 5.000 berarti kita masih untung Rp. 5.000 dan tidak kehilangan tenaga. Tapi waktu 1 jam jika digunakan untuk mencari rumput kita tidak mendapatkan uang Rp. 10.000, belum lagi pengeluaran biaya untuk bahan bakar kendaraan, perawatan peralatan, dan tenaga. Bisakah Anda menghitung mana yang lebih menguntungkan memanfaatkan waktu untuk bekerja dan hasilnya untuk membeli pakan marmut siap saja atau mencari rumput untuk pakan marmut sendiri yang gratis, rata-rata orang lebih memilih yang gratis tanpa mempertimbangkan biaya lain yang dikeluarkan seperti waktu dan tenaga. Itulah cara berpikir masyarakat kita yang latah dan barangkali termasuk Anda. Sayang mengeluarkan biaya mending dikerjakan sendiri murah dan gratis.
Kenyataan seperti inilah yang menginspirasi saya untuk menjual pakan marmut siap saji murah dan bergizi menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan pertumbuhan marmut di peternakan. Produk seharga Rp. 5.000 perkg ini lebih murah dibanding mencari pakan marmut sendiri yang membuang waktu dan tenaga tak sedikit karena 1 kg pakan marmut siap saji mengandung nutrisi yang dibutuhkan marmut untuk pertumbuhan dan setara dengan kurang lebih 5 kg pakan segar. Pakan marmut instant ini bisa digunakan untuk pakan ternak lain seperti ayam kampung, ayam kalkun, kelinci, dan itik.

Penelusuran topik jual pakan marmut siap saji murah herbamart:
membuat pakan ternak marmut, membuat pakan ternak marmut lokal kampung, membuat pakan ternak dari limbah perkebunan, membuat pakan ternak marmut hias, membuat pakan ternak dengan probiotik em4, membuat pakan ternak sendiri, cara membuat pakan ternak marmut, membuat pakan ternak kambing fermentasi, pakan ternak marmut pedaging, pakan marmut selain rumput, pakan ternak marmut murah, pakan ternak marmut kampung organik, pakan ternak marmut potong, pakan ternak marmut lokal pedaging, pengertian fermentasi, fermentasi makanan, pakan fermentasi, fermentasi tape, fermentasi asam laktat, manfaat fermentasi, fermentasi alkohol, fermentasi yoghurt, harga marmut biasa, harga marmut anggora, harga marmut hias, marmut hamster, marmut hias, jual marmut, harga marmut lokal, harga pakan marmut murah, jual kandang marmut, jual tempat pakan marmut hamster

6 comments:

  1. Saya berminat untuk mencoba pakna marmutnya, bagaimana cara pesannya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Siang, dimana saya bisa membeli marmut untuk konsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasar hewan biasanya ada, cuma penjual tidak menjelaskan marmut tersebut untuk dikonsumsi atau dipelihara karena menjadi hak pembeli mau diapakan setelah dibeli, untuk di daerah wonosobo warung yang jual masakah daging kelinci disuplai oleh peternak.

      Delete
  3. Saya tertarik untuk membeli pakan kontak kemana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pakan ternak sudah tersedia di toko-toko peternakan

      Delete


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih