Agro Bisnis Indonesia

Friday, April 24, 2015

Membuat Kandang Marmut Skala Komersial Yang Baik dan Benar

Marmut sebagai ternak potensial untuk dikembangkan memiliki banyak manfaat sebagai alternatif bisnis peternakan yang jarang ditekuni, disamping perawatan yang mudah, pakannya murah serta tidak mudah terserang penyakit. Bagi Anda yang sedang mencari panduan beternak marmut skala komersial herbamart memberikan info peluang bisnis marmut sebagai bahan makanan ataupun ternak hias, untuk itu konstruksi kandang butuh perhatian khusus agar hasil produksi ternak marmut maksimal.

Di blog ini sudah dipaparkan berbagai informasi pengelolaan budidaya marmut skala rumah tangga ataupun komersial, cara pemeliharaan, perawatan, penanganan penyakit dan predator, komposisi ransum, peracikan ramsum, aneka masakan marmut, cara memasak marmut, aneka olahan daging marmut, khasiat daging marmut, pemanfaatan limbah marmut, pupuk organik kotoran marmut, pupuk kencing marmut, dan lain-lain.
Sebagai pelengkap pembahasan kami uraikan tentang pembuatan kandang marmut skala komersial atau rumah tangga, yang intinya pembuatan kandang yang ideal untuk marmut guna memudahkan proses perawatan dan pemeliharaan hingga panen. Kaidah pembuatan kandang marmut mengacu dari sistem keamanan dan kemudahan dalam perawatan, termasuk bahan yang akan digunakan terbuat dari bambu, kawat, atau kayu. Secara umum kandang marmut memiliki struktur sebagaimana gambar berikut ini.
pembuatan pupuk organik marmut urine pengusaha marmut jual beli pembeli suplayer hias lokal
klik untuk memperbesar gambar

Keterangan;
  • Gambar 1, konstruksi kandang dilihat dari atas di mana marmut butuh 3 ruangan untuk memudahkan Anda memantau perkembangan marmut dalam kandang, secara tradisional kebanyakan masyarakat memelihara tanpa kandang, jika menggunakan kandang tidak memperhatikan fungsi masing-masing ruang sehingga pemberian pakan lebih boros dikarenakan pakan yang sudah terinjak tidak dimakan, akibatnya banyak sampah di dalam kandang.
  • Gambar 2, penyekat rumput atau tempat makan diletakkan miring dengan posisi bagian atas lebih lebar menggunakan potongan bambu atau kayu secara horizontal, tujuannya agar rumput terselip disela-sela susunan yang kemudian diambil sedikit demi sedikit oleh marmut. Usahakan jangan sampai wadah pakan ada lubang yang bisa dimasuki marmut karena kebiasaan marmut yang selalu ingin masuk ke dalam pakan. Agar anda lebih yakin, lakukan serangkaian percobaan pembuatan wadah pakan, mana yang lebih efektif dibanding cara yang saya terapkan.
  • Gambar 3, kandang marmut dibuat dua sisi yang saling berhadapan untuk menghemat bahan sehingga posisi wadah pakan berada di tengah.
  • Tempat berlindung diberikan untuk menjaga dari serangan predator atau memudahkan Anda menangkap ketika dibutuhkan.
Kandang marmut tersebut bisa dibuat bersusun dengan tambahan alas untuk menampung kotoran kasar, sisa makanan, dan urine marmut sebagai pupuk organik yang mudah dibersihkan.
Kami membutuhkan opini Anda untuk pengembangan materi selanjutnya, silahkan beri masukan, komentar, diskusi, dan pertanyaan seputar bisnis peternakan marmut.

http://herbamart.blogspot.com/2015/05/membuat-kandang-marmut-dari-bambu-dan.html
http://herbamart.blogspot.com/2015/05/jual-pakan-marmut-instant-siap-saji.html
Lihat videonya di bawah ini.




Penelusuran topik kandang marmut herbamart:
kandang marmut yang nyaman, harga kandang marmut, kandang marmut yg baik, kandang marmut dari bambu, kandang marmut anggora, jual kandang marmut, makanan marmut, kandang kelinci yg baik, contoh kandang marmut, penyakit marmut, grosir kandang hamster, harga kandang marmut. marmut si pengerat, artikel gambar marmut, organ marmut, binatang marmut, hewan marmut anggora, contoh organ pada hewan marmut, makalah organ pada hewan marmut, artikel organ pada hewan marmut, organ pada hewan marmut manusia, marmut hewan herbivora, pada mamlia hewan herbivora, jual marmut, marmut lucu, anak marmut, jual marmut murah, harga marmut biasa, harga marmut anggora, harga marmut hias, marmut hamster, marmut hias, harga marmut lokal

7 comments:

  1. Uraian cukup praktis dan kandang sangat bermanfaat dan penentu peternakan nyang berhasil. karena kandang yang baik akan memberikan kehidupan ternak yang baik, trimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak punya BBM
      HP saja jadul yang penting bisa untuk komunikasi gak harus ikut kemajuan jaman menggunakan HP canggih
      maklum orang kampung

      Delete
  2. Salam kenal.
    Adakah penjual marmut lokal untuk dikonsumsi? Tksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, di daerah Wonosobo di desa Setieng sebelum Dieng wilayah kecamatan Kejajar.
      Untuk warung yang menyediakan masakan marmut ada dikanan jalan setelah pasar Kejajar sekitar 500 meter.
      petunjuk ini dari arah Wonosobo ke arah Dieng

      Delete


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih