Pasar Komoditi Agro Bisnis Indonesia

Sunday, May 17, 2015

Waspada, Trichoderma sp Ada Di Sekitar Lingkungan Anda

Trichoderma sp salah satu microorganisme hidup dalam tanah dan subtrat kayu yang mampu menghambat pertumbuhan jamur perusak tanaman, dengan tehnik biakan Trichoderma sp bisa dikembangkan untuk membantu kesuburan tanaman dan meningkatkan unsur hara dalam tanah, jamur ini sebernarnya mudah ditemukan dibeberapa tempat, hanya saja tidak banyak tahu bagaimana cara membiakkan Trichoderma sp.


Trichoderma memiliki sifat berikut:
  • Trichoderma menghasilkan sejumlah enzim ekstraseluler beta (1,3) glukonase dan kitinase yang dapat melarutkan dinding sel patogen.
  • Trichoderma sp menghasilkan toksin trichodermin yang dapat menyerang dan menghancurkan propagul yang berisi spora-spora parasit jamur perusak tanaman disekitarnya.
  • Jenis Trichoderma viridae menghasilkan antibiotik gliotoksin dan viridin yang dapat melindungi bibit tanaman dari serangan penyakit rebah kecambah.
  • Trichoderma hidup dalam tanah dan terus berkembang menyebar ke seluruh area yang cocok untuk berkembangbiak sehingga menguntungkan bagi petani karena bisa menghemat pemakaian pupuk dan pestisida.
Itulah sebabnya perlu anda waspadai jika tanaman muda terserang penyakit layu perlu ditularkan jamur trichoderma untuk melawan jamur perusak tersebut, dan perlu anda waspada juga jika terlihat adanya calon jamur trichoderma disekitar tempat tinggal, Anda pelajari cara pembiakan untuk dikembangkan sebagai pupuk dan pestisida hayati.
Bagi pencinta tanaman hias dan pembibitan kami sediakan produk ajaib berupa media tanam yang sudah mengandung trichoderma siap pakai sehingga menghemat biaya pengadaan media tanam berupa tanah, pupuk kandang, nutrisi selama masa pertumbuhan, plastik atau polibag, dan menyewa tenaga kerja untuk pengemasan media tanam ke dalam wadah. Wasapdalah dengan pembengkakan biaya yang lebih besar karena salah hitung, alih-alih ingin hemat dengan menggunakan bahan dan media pembibitan seadanya berakibat gagal karena tanah tidak steril dan jika menseterilkan juga butuh biaya. Produk media tanam siap pakai mengandung tricoderma telah memangkas beberapa biaya pengadaan media tanam dan mencegah kerusakan alam karena perburuan liar akar pakis untuk media tanam anggrek yang sebenarnya sudah tercukupi melalui media tanam ajaib ini.

Daftar istilah:
  1. Enzim: biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik.
  2. Ekstraseluler: ada atau terjadi di luar sel.
  3. Glukanase (glucanases jamak) (biokimia): Setiap enzim yang memecah glukan.
  4. Kitinase: enzim yang dapat mengkatalisis reaksi degradasi (pemecahan).
  5. Patogen: organisme atau virus yang menyebabkan penyakit.
  6. Gliotoksin: sejenis antibiotik dihasilkan oleh Trichoderma.
  7. Piridin: sejenis cairan tidak berwarna dengan bau tajam.
  8. Pestisida: semua bahan racun yang digunakan untuk membunuh organisme hidup yang mengganggu
Cara Membuat Biang Trichoderma Sendiri
Memiliki produk trichoderma sendiri mungkin inilah yang Anda cari selama ini, kamipun sudah memiliki referensi cara membuat trichoderma dalam bentuk pada dan cair, akan tetapi informasi yang simpang siur tentang media inokulan untuk mengambil jamur trichoderma belum sepenuhnya kami percayai karena berbeda informasi berbeda pula hasilnya.
Ada yang mengatakan untuk mengambil trichoderma dari alam menggunakan media jagung dan kentang, adapula yang menggunakan beras, ketika kami konfirmasi mengapa metodenya tidak sama jawabannya setiap orang juga berbeda, jawabannya karena memang itulah yang dia ketahui media terbaik untuk mengisolat biang trichoderma adalah sebagaimana yang mereka ketahui sehingga tidak ada acuan yang jelas mana yang lebih baik, apakah jagung, kentang, atau beras.

Cara Membuat Trichoderma Cair
Cara membuat pupuk trichoderma cair sebenarnya tidaklah sulit, karena pada prinsipnya sama saja seperti pembuatan pupuk organik cair. Hanya saja indukan atau biang pengurai dan bakterinya berbeda-beda. Trichoderma juga memiliki prinsip kerja yang berbeda tentunya dengan jenis biang pembuatan pupuk organik cair sehingga sedikit perbedaan perlakuan perlu diterapkan, salah satunya adalah proses pembuatan pupuk organik cair trichoderma adalah dengan sistem anaerob 2 tabung. Sedangkan jenis pupuk organik cair yang lain cukup membiarkan semua bahan tertutup dalam satu tempat dan akan selesai proses fermentasi selama kurang lebih 2 minggu tergantung bahan yang digunakan. Jika ada pertanyaan silahkan gunakan menu komentar untuk diskusi.

Penelusuran topik Waspada, Trichoderma sp Ada Di Sekitar Lingkungan Anda Herbamart:
trichoderma pdf, manfaat trichoderma, artikel trichoderma, makalah trichoderma, trichoderma sp, contoh trichoderma, trichoderma viride, membuat trichoderma, cara membuat pupuk organik, pupuk organik cair, harga pupuk organik, pupuk kompos, pengertian pupuk organik, jual pupuk organik, pupuk organik nasa, manfaat pupuk organik, keunggulan pupuk organik, manfaat pupuk organik dan anorganik, contoh pupuk organik, manfaat pupuk anorganik, pengertian pupuk organik, manfaat pupuk organik cair, sejarah pupuk organik, manfaat pupuk organik bagi tanaman, cara membuat pupuk hayati, pupuk hayati pdf, pupuk hayati cair, pupuk hayati emas, pembuatan pupuk hayati, pupuk hayati petrobio, pupuk organik, pengertian pupuk hayati, makalah kompos, pengertian kompos, cara membuat kompos, pembuatan kompos, kompos organik, jenis-jenis kompos, kompos cair, mesin kompos, beli trichoderma, cara memperbanyak trichoderma cair, cara membuat trichoderma sendiri, cara membuat biang trichoderma, jual trichoderma cair, perbanyakan trichoderma cair, harga trichoderma, cara membuat biang trichoderma sp

5 comments:

  1. dimana bisa saya beli trichoderma sp cairan untuk menjaga kualitas air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trichoderma bisa di isolat sendiri dari alam dengan cara khusus

      Delete
  2. Artikel sangat membantu...

    CV PRADIPTA PARAMITA - SOLO

    Menyediakan Trichoderma dan Agens Hayati lain serta beberapa pupuk organik untuk Pertanian

    Silahkan kunjungi website Resmi kami di :

    www.cvpradiptaparamita.com

    Info :
    085755652200 (Phone , SMS , Whatsapp)
    081233643247
    pin : 578c4639

    ReplyDelete
  3. cara membuat trichoderma cair bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. proses pembuatan tricho cair belum pernah saya ketahui caranya, cuma ada beberapa referensi seperti membuat pupuk cair pada umumnya, bedanya hanya pada biangnya menggunakan trichoderma

      Delete


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih