Agro Bisnis Indonesia

Saturday, April 25, 2015

Cara Cepat Dan Praktis Menghilangkan Bau Kotoran Kandang

Ternak pemakan konsentrat memiliki bau kandang yang lebih kuat dibanding ternak pemakan dedaunan sehingga banyak peternak kesulitan mencari cara praktis, cepat, dan hemat menghilangkan bau kotoran kandang terutama jenis unggas seperti, kotoran puyuh, kotoran ayam, kotoran bebek, kotoran itik, kotoran burung, kotoran kambing, kotoran sapi, kotoran kelinci, kotoran marmut, kotoran domba dan lain-lain.

Kali ini herbamart mengulas cara cepat, praktis, dan hemat menghilangkan bau kotoran kandang puyuh, ayam, bebek, itik, burung, kambing, sapi, kelinci, marmut, domba dan lain-lain. Informasi ini disusun berdasarkan pengalaman peternak, hasil pengamatan, kajian, dan percobaan menghilangkan bau kotoran kandang ternak yang kami temukan dilingkungan masyarakat. Beberapa cara praktis menghilangkan bau kotoran kandang ini butuh pemikiran untuk penerapannya ditinjau dari faktor waktu, tenaga, dan biaya.

Menghilangkan bau kotoran kandang ternak dengan cara menyingkirkan atau membuang kepenampungan.
Cara ini terbukti efektif dalam waktu sesaat, dan hanya lingkungan kadang saja yang berkurang baunya, sedangkan di area penampungan bau kotoran lebih kuat karena proses fermentasi, terlebih lagi jika tidak tertutup. Cara terbaik untuk menghilangkan bau kotoran ternak yang praktis adalah dengan proses fermentasi agar cepat rusak. Beberapa bahan pengurai limbah organik tersedia di pasaran dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, sebagian bisa Anda dapatkan di toko pertanian terdekat dalam bentuk cair dan padat. ataupun serbuk.

Menggunakan formula penghilang bau kandang sintetis.
Cara ini terkadang efektif, akan tetapi berdasarkan pengalaman peternak puyuh yang menggunakan produk penghilang bau kandang menyebabkan puyuh stress dan produksi telur menurun.

Menggunakan ramuan penghilang bau kandang dari bahan-bahan jamu alami.
Cara yang satu ini memang efektif tapi tidak hemat waktu dan tenaga, apa lagi biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit jika daerah Anda tidak tersedia bahan bakunya. Bahan-bahan ini berupa racikan bahan jamu dan bumbu dapur seperti kunyit, jahe, kencur sereh, bawang merah, dan EM4. Bisa juga bahan alami ini dicampurkan dalam pakan karena produk penghilang bau kotoran kandang terbuat dari bahan-bahan tersebut.

Menggunakan pakan fermentasi.
Cara terakhir ini adalah solusi jitu untuk menghilangkan bau kandang yang praktis, cepat, murah, aman, dan hemat tenaga karena hanya butuh beberapa hari untuk mengumpulkan semua bahan sebagai persediaan pakan selama beberapa minggu. Penyebabnya pakan yang difermentasi akan mengalami pemasakan sempurna tanpa menghilangkan nutrisi yang dikandung selain menjadikan bahan makanan lebih awet dibanding menyimpan dengan resiko rusak dimakan serangga, jamur atau terkontaminasi bahan berbahaya. Belum lagi jika aplikasi pemberian pakan dengan cara mencampurkan bahan satu persatu.
Dengan proses fermentasi bahan makanan lebih mudah diserap sehingga ketika keluar sudah menjadi limbah akhir dengan proses fermentasi menjadi kompos lebih cepat, silahkan Anda bandingkan dengan kotoran ternak yang mengkonsumsi bahan makanan segar, terkadang kotoran masih terlihat utuh dan segar karena tidak hancur oleh pencernaan ternak, ketika dikeluarkan butuh waktu untuk menjadi hancur. Proses ketika hancur inilah penyebab utama bau kotoran ternak seperti, kotoran puyuh, kotoran ayam, kotoran bebek, kotoran itik, kotoran burung, kotoran kambing, kotoran sapi, kotoran kelinci, kotoran marmut, kotoran domba dan lain-lain.
Cara pembuatan probiotik dan pembuatan pakan fermentasi akan kami bahas dalam artikel yang lain. Semoga segera selesai karena butuh waktu untuk menyusun materi yang bisa dipertanggung jawabkan dan bisa dipraktekan dengan hasil yang nyata. Sebelumnya kami sudah membuat pakan fermentasi akan tetapi masih menggunakan probiotik buatan orang lain sebelum kami menemukan formula sendiri yang inti dan cara kerjanya sama.

Menggunakan produk suplemen ternak.
Banyak produk suplemen dan nutrisi ternak organik mampu menekan bau kotoran kandang, akan tetapi banyak pula peternak yang trauma hanya mendengar kabar ternak yang diberi asupan nutrisi ternak menjadi kembung, kabar ini beredar cukup lama dan kami juga belum menemukan buktinya, hanya penjelasan ilmiyah penyebab ternak kembung ketika diberi larutan nutrisi ternak ternyata mengandung pupuk tanaman, saya sendiri pernah diberi resep untuk membuat nutrisi ternak dengan mencampurkan beberapa bahan yang di dalamnya terdapat pupuk tanaman, jika Anda juga trauma dengan produk seperti ini adalah hal yang wajar karena semua orang tidak mau ambil resiko.
Saat ini ada kabar baik bagi Anda yang ingin menghilangkan bau kotoran ternak secara alami tanpa efek samping bahkan sudah terbukti secara nyata mengurangi bahkan menghilangkan bau kotoran di kandang ternak dengan menerapkan beberapa prinsip perawatan kandang dan pemberian nutrisi ternak organik.
Dari beberapa bukti dan pengalaman peternak yang kami terima dalam bentuk text dan video dari beberapa peternak di beberapa tempat mulai dari madura, solo, dan kulonprogo, ternak yang diberi nutrisi ternak organik menunjukkan peningkatan pertumbuhan berat badan, nafsu makan dan kotoran tidak bau. Bahkan di lembaga pelatihan ternak kambing LKP2U Madiun yang menjadi tempat praktek penggunaan nutrisi ini, kami mendapatkan informasi langsung dari pengelola bahwa kandungan lemak sedikit dan daging lebih padat, serta target berat badan tercapai secara optimal.
Bagi Anda yang masih kurang yakin dengan penjelasan kami silahkan lihat produk tersebut di sini.

3 comments:


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih