Agro Bisnis Indonesia

Tuesday, May 19, 2015

Kontroversi Manfaat Teh Yang Harus Anda Ketahui

Teh termasuk salah satu sajian minuman herbal pertama di dunia sebelum orang mengenal jenis aneka minuman dengan campuran pencita rasa dari tanaman seperti perasa asam, manis, dan aneka rasa buah maupun dedaunan beraroma ataupun memberikan sensasi bagi penikmatnya. Selain sebagai tambahan rasa aneka tambahan pencitarasa dari tanaman juga memiliki efek pengobatan sebagaimana jenis teh herbal dari berbagai jenis tanaman tertentu, akan tetapi tahukah Anda dibalik nikmatnya teh mengandung bahaya yang mengancam kesehatan?

Berbagai macam berita yang membahas tentang teh selalu saja kita dapati informasi yang terkadang tidak bisa dijadikan acuan apakah teh aman dikonsumsi atau tidak, sebagian menilai bahwa teh memiliki sejuta manfaat, tapi dilain pihak ada yang mengatakan teh memiliki kandungan zat tertentu yang tidak boleh dikonsumsi semacam kafein karena akan menyebabkan gangguan kesehatan dalam dosis tertentu. Penyebab kontroversi berita tentang teh adalah berasal dari sumber pembahasan jenis teh dan kandungan yang dimiliki, untuk itu perlu Anda ketahui apakah teh yang dimaksud adalah tanaman Camellia sinensis atau bukan. Dengan perkembangan informasi yang ada kita temukan bahwa penamaan teh tidak semata untuk jenis tanaman Camellia sinensis saja akan tetapi semua jenis tanaman mulai dari daun, batang, kulit pohon, buah, dan rimpang sehingga kontroversi khasiat teh semakin beragam, kita contohkan teh mahkota dewa yang diklaim bisa memberikan efek penyembuhan luar biasa, akan tetapi kenyataannya dalam penggunaan tidak boleh melebihi lebih dari 7 iris perseduhan karena akan menyebabkan keracunan, termasuk juga cara pengolahan yang salah akan berakibat buruk terhadap kesehatan seperti tercampurnya biji mahkota dewa yang memiliki kadar racun cukup tinggi. Mengolah mahkota dewa perlu hati-hati dan hendaknya memilih buah yang tidak terlalu masak agar mudah dipotong tipis sehingga cepat kering dan tidak berjamur yang akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Beberapa paparan tentang khasiat teh dapat kita temukan sebagai berikut:
Manfaat dan kerugian teh bagi kesehatan, manfaat dan khasiat teh hijau bagi kesehatan tubuh, manfaat teh hitam, 1001 manfaat teh hijau untuk kecantikan & kesehatan, khasiat teh untuk wajah, khasiat teh basi, khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan, khasiat teh untuk rambut, khasiat teh hitam, khasiat teh oolong, khasiat teh hijau, khasiat teh rosella, khasiat teh herba, khasiat teh pegagan, dan lain-lain. Dari daftar tema tentang khasiat teh tersebut perlu Anda hati-hati untuk mengambil pendapat tanpa pembuktian karena banyak kalangan dengan tujuan bisnis membesar-besarkan khasiat teh untuk kesehatan tanpa memberikan informasi bahaya mengkonsumsi teh jika melebihi kadar tertentu, cara yang tepat mengkonsumsi teh, cara meracik teh, cara mengolah teh, dan menentukan waktu yang tepat mengkonsumsi teh.

Sebagai tambahan pengetahuan tentang teh yang benar setidaknya anda perlu tahu jenis-jenis teh yang ada dipasaran berikut bahan bakunya yaitu:
  • Teh bunga melati terbuat dari daun teh dikeringkan ditambah bunga melati sebagai penawar dan penambah aroma harum karena jika Anda mengkonsumsi teh murni tidak akan berselera mencium baunya karena mirip dedaunan kering atau rumput.
  • Lemon tea yang disajikan secara khusus antara teh dan jeruk nipis yang dipercaya memberikan efek terapis serta memberi citarasa unik dalam penyajian teh, tapi dilain pihak mencampurkan teh dengan lemon tidak disarankan karena teh menghambat proses penyerapan vitamin C yang mana jeruk nipis mengandung vitamin C cukup tinggi.
  • Teh tradisional dari melayu terdiri dari campuran teh dan susu yang disajikan dengan cara dituang berulang kali seperti ditarik-tarik sehingga nama teh tarik menjadi ciri khas sajian teh ini yang dapat Anda temukan dimasyarakat etnis melayu.
  • Teh hitam adalah teh yang diproses secara khusus melalui penggilingan untuk memisahkan daun dan tulangnya, produk ini dapat Anda dapatkan diperkebunan teh bagian pemasaran produk terlihat grade jenis teh untuk export dan pasar lokal terbedakan dari fisik teh hitam murni tanpa serat atau hanya serat saja, sebagai contoh adalah teh tambi dari perkebunan PTPN wilayah Jateng dipegunungan Sindoro-Sumbing mencakup wilayah Temanggung dan Wonosobo.
  • Teh hijau salah satu teh murni tanpa campuran yang diproses secara khusus sehingga tidak menghilangkan warna dan kandungan bahan yang ada, produk ini dipercaya memiliki khasiat untuk, melindungi jantung dan sebagai antioksidan, mengurangi risiko kanker payudara, perut, usus, maupun kanker prostat, Mencegah kanker, Perawatan kulit untuk mengatasi gatal dan bengkak-bengkak, Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari penyebab kanker kulit, Menstabilkan tekanan darah untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya stroke, Menjaga daya ingat dan menjaga penurunan fungsi otak, Awet Muda, Menurunkan berat badan.
  • Teh herbal, teh ini adalah pengembangan dari produk teh pada umumnya dengan mengambil salah satu komponen penting dalam minuman yang disebut teh yaitu menggunakan dedaunan sebagai tambahan pencita rasa dalam minuman karena teh dalam sejarahnya adalah minuman yang diberi dedaunan untuk menambah rasa, sedangkan teh herbal menyajikan dua manfaat yaitu sebagai minuman dan pengobatan. Khusus dalam mengkonsumsi jenis teh ini butuh kecermatan karena tujuannya tak sekedar penghilang dahaga yang bercitara rasa, akan tetapi ada kemanfaatan yang diperolah dari konsumsi produk teh ini, untuk itu ikuti petunjuk yang benar agar Anda terhindar dari bahaya teh.
Cara penyajian teh disetiap waktu dan tempat memiki adat istiadat yang berbeda-beda, sebagaimana cara mengkonsumsi tehpun memiliki aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar yaitu;
  • Dimasyarakat Jepang ada hari minum teh, ini adalah tradisi teraneh di Jepang yang hanya sekedar minum teh saja butuh aturan waktu dan tempatnya. Sebagaimana teh tarik yang disajikan dengan cara dituang ke dalam wadah lain dengan cara tarik ulur.
  • Teh kemasan siap saji, ini adalah produk yang mengikuti budaya manusia disetiap jaman di mana setiap orang boleh mengkonsumsi teh kapan saja tanpa batasan waktu dan tempat  yang tak harus disajikan dalam kondisi panas, minuman teh plus gula ini bisa anda dapatkan disetiap warung dengan berbagai kemasan botol, kaleng, ataupun kotak.
  • Teh jumput atau teh cong/cor, inilah teh dengan penyajian tradisional yang kita temukan sejak jaman dahulu, teh yang dikemas dengan kertas mudah kita temukan dipasaran dengan berbagai merek yang mengikuti tren masyarakat, kalau dahulu masih kita ingat adanya teh cap tang, teh cap tjatoet/catut, teh sepeda balap, dan lain-lain sesuai gaya hidup orang pada jamannya. Sekarang merek-merek tersebut telah tenggelam dipasaran tergeser dengan merek teh yang lebih familiar dan mudah diingat seperti sari wangi (pelopor teh celup), teh lipton, teh sosro, dan lain-lain.
  • Teh celup adalah salah satu produk teh moderen sesuai gaya hidup menusia di jaman ini yang inginya serba simple, praktis, dan cepat yang dipelopori oleh teh sari wangi, produk ini diikuti oleh perusahaan lain menyajikan teh celup dengan beragam citarasa dan merek. Akan tetapi hasil kajian menyebutkan adanya bahaya dalam katung teh celup sehingga sebagian masyarakat masih memilih teh yang tidak menggunakan kantung walaupun sedikit repot. Memang demikianlah untuk rugi penyajian teh, jika menggunakan teh kantung celup dikatakan ada bahaya, tapi jika menggunakan teh cong jadinya repot. Apapun produk buatan manusia tidak ada yang sempurna sehingga untuk menghindari bahaya konsumsi teh gunakan pendekatan logika untuk memahami manfaat dan bahaya mengkonsumsi teh, saya sendiri juga sering mengkonsumsi teh celup dalam jumlah terbatas.
  • Dari pemahaman tentang manfaat dan bahaya teh mana yang lebih menguntungkan bagi Anda karena kandungan dalam teh tetap dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit, sehingga cara yang paling aman mengkonsumsi teh adalah tidak berlebihan karena akan menyebabkan sering buang air kecil, sedangkan porsi yang baik untuk mengkonsumsi teh adalah 3 gelas sehari sekitar 100ml persajian berdasarkan literatur yang kami dapatkan seingat kami, karena informasi tentang teh ini didapatkan dari berbagai sumber baik offline maupun online dan ditulis berdasarkan ingatan semata, jika ada kekurangannya mohon maaf.
Penelusuran topik kontroversi manfaat teh yang harus anda diketahui herbamart:
merk teh hijau yang bagus, efek samping minum teh hijau, teh hijau untuk diet, khasiat teh hijau, teh hitam, manfaat teh hijau, teh hijau kepala jenggot, harga teh hijau, manfaat teh basi, manfaat teh hitam, manfaat teh untuk wajah, kandungan teh, manfaat teh hijau kepala jenggot, manfaat teh untuk kecantikan, manfaat teh hijau, manfaat teh bagi kesehatan, cara membuat teh tarik, teh tarik aceh, teh tarik sachet, teh tarik cincau, teh tarik recipe, teh tarik malaysia, teh tarik aik cheong, resep teh tarik, kebun teh lawang, agrowisata kebun teh wonosari jawa timur, kebun teh wonosari, kebun teh malang, manfaat kebun teh, kebun teh ngawi, kebun teh solok, pengertian kebun teh, khasiat teh basi, khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan, khasiat teh untuk rambut, khasiat teh hitam, khasiat teh oolong, khasiat teh hijau, khasiat teh rosella, khasiat teh untuk wajah, agen teh botol sosro, teh botol sosro beracun, harga teh botol sosro, iklan teh botol sosro, teh kotak, teh cap botol, komposisi teh botol sosro, distribusi teh botol sosro, teh herbal daun sirsak, teh herbal pelangsing, teh herbal untuk mengecilkan perut, ensiklopedia teh herbal, cara membuat teh herbal, teh herbal untuk diet, manfaat teh herbal,teh herbal sarang semut, minuman greencinia, sejarah teh dunia, sejarah teh hijau, sejarah teh sariwangi, sejarah teh sosro, sejarah teh poci, sejarah teh pucuk harum, sejarah teh tarik, sejarah teh talua.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih