Agro Bisnis Indonesia

Monday, May 4, 2015

Cara Membuat Sabun Cair Sendiri Mudah Dan Cepat

Sabun cair adalah deterjen dalam bentuk cair untuk penggunaan sebagai pembersih perabotan rumah tangga, pakaian, badan, dan mencuci berbagai peralatan yang membutuhkan pencucian termasuk juga untuk mencuci kendaraan maupun keramik. Secara umum semua deterjen menggunakan bahan dasar yang hampir sama, hanya saja penggunaan untuk kebutuhan khusus membutuhkan formula khusus juga terkait keamanan penggunaan dan kemampuan daya bersih, sehingga beda antara komposisi sabun mandi dengan sabun cuci, terlebih lagi untuk mencuci bahan yang lebih keras seperti keramik.
Cara pembuatan sabun memiliki cara yang hampir sama yaitu mencairkan bahan pembersih utama seperti ABS, SLS, EDTA, kaustik soda dan bahan deterjen yang lain ke dalam air, setelah dingin baru ditambahkan bahan pendukung seperti parfum, filler, minyak, dan pewarna. Sebagian cara pembuatan sabun dengan proses pemanasan atau pemasakan sambil di aduk menggunakan mixer, akan tetapi sebelumnya butuh untuk diblender untuk mencampurkan antara cairan bahan utama dengan minyak hingga kental dan tercampur rata.
Sudah tersedia!
 Bagi Anda yang ingin membuat sabun mandi sendiri kami sediakan bahan sabun dasar yang bisa dimodifikasi dengan menambahkan bahan esensial seperti minyak, parfum dan bahan pendukung perawatan kulit.

Silahkan lihat di sini. 
Kelebihan dan kekurangan sabun cair.
Kelebihan sabun cair adalah praktis penggunaanya ketika hendak digunakan dalam campuran air tidak butuh waktu lama mencairkan, sedangkan kelemahan sabun cair membutuhkan wadah khusus yang aman dan rapat karena bentuknya yang cair akan mudah menyebar serta tidak aman ketika dalam perjalanan tanpa wadah yang kuat.

Cara membuat sabun cair laundry
Cara membuat sabun cair untuk laundry atau deterjen cair untuk laundry cukup mudah karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
Siapkan minyak kepala 1000 ml, cairan ley 560 ml, EDTA 5 ml, air bersih 428-450ml, minyak esensial perasan jeruk nipis/lemon 2-5ml sehingga total mencapai sekitar 2000ml. Selanjutnya siapkan peralatan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan sabun cair untuk laundry.
Timbangan, Ember, Baskom atau ember besar, Stainless steel wadah dan mixer listrik, Kompor, Termometer, Pengaduk, dan untuk wadah sabun cuci cair.
Proses pembuatan sama seperti pembuatan sabun pada umumnya.

Cara membuat sabun cair cuci piring
Sabun pencuci piring tidak jauh beda dengan sabun cair pencuci pakaian, hanya saja formula sabun cair pencuci perabotan dapur butuh tambahan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti parfum untuk menghilangkan bau amis ikan dan menghilangkan lemak.

Cara membuat sabun cair herbal
Sabun cair herbal terbuat dari bahan-bahan alami dengan fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan, apakah untuk pengobatan atau perawatan kecantikan. Cara pembuatan sabun cair herbal sama seperti pembuatan sabun yang lain hanya dibedakan dari bahan yang digunakan menggunakan bahan-bahan alami mencapai lebih dari 50%.
Cara pembuatan sabun cair herbal sebagai berikut, siapkan bahan utama pembuatan sabun sesuai kebutuhan, tambahkan bahan-bahan herbal yang telah dicairkan atau diambil sarinya, kemudian tambahkan ke dalam adonan sabun cair ketika proses pembuatan sabun hampir selesai, dinginkan dan tempatkan dalam wadah yang aman.

Cara membuat sabun cair dari sabun batangan
Cara pembuatan sabun cair dari sabun batangan lebih mudah dibanding meracik sabun cair dari bahan-bahan terpisah, hanya butuh beberapa menit untuk membuat sabun mandi cair dari sabun batangan, caranya, ambil sabun batangan yang sudah jadi, kemudian blender atau hancurkan sabun batangan dalam campuran air, jika dibutuhkan tambahkan bahan lain sesuai kebutuhan seperti parfum, minyak esensial atau bahan herbal. Panaskan dan aduk hingga rata lalu diamkan hingga dingin untuk dikemas.

Cara membuat sabun cair alami
Cara membuat sabun alami tidak berbeda dengan proses pembuatan sabun herbal, akan tetapi jika Anda menghendaki sabun yang benar-benar alami butuh beberapa bahan alami untuk membuat sabun cair. Bahan sabun alami bisa didapatkan dari buah klerak yang sudah digunakan sejak lama oleh orang tua kita pada jaman dahulu, hanya saja buah klerak ini sulit didapatkan karena pohonnya jarang dan tidak dikembangbiakkan, terlebih lagi sulit tumbuh.

Cara membuat sabun cair wajah
Kulit wajah memiliki struktur yang berbeda dengan kulit badan yang lain, jika Anda salah memilih sabun wajah akan berakibat fatal, di antaranya menyebabkan kulit kusam dan kering. Itulah mengapa sabun wajah diformulasikan khusus dan harganyapun lebih mahal dibanding sabun body. Cara membuat sabun wajah alami sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan memiliki kemampuan merawat kulit wajah seperti memberi kelembaban, mencerahkan dan membersihkan, mengurangi minyak, dan mengobati berbagai gangguan kulit wajah seperti jerawat dan menangkal radikal bebas. Bahan utama untuk membuat sendiri sabun wajah berupa madu yang berfungsi menghaluskan dan memberi nutrisi pada kulit wajah, minyak zaitun, beras untuk memberi efek halus seketika setelah pemakaian, dan bahan alami pemutih wajah dari umbi-umbian dan buah-buahan.

Cara membuat sabun cair cuci tangan
Cara membuat sabun cair untuk mencuci tangan lebih mudah dikarenakan proses pembuatannya cukup memodifikasi proses pembuatan sabun pada umumnya atau menggunakan bahan yang sudah jadi, seperti menggunakan sabun batangan kemudian tambahkan bahan-bahan lain sesuai kebutuhan.
Cara membuat sabun cair sendiri ini bisa dimodifikasi sesuai kreatifitas Anda dalam memilih bahan, membuat bentuk, dan lain-lain. Misalnya jika Anda tidak mendapatkan minyak yang baik masih bisa menggunakan alternatif minyak berkualitas sedang. Secara umum minyak yang baik untuk membuat sabun adalah minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat baik sebagai bahan kosmetik atau obat penyakit dalam. Minyak kelapa juga sangat baik untuk membuat sabun mandi, bahkan banyak yang merekomdasikan menggunakan minyak kelapa untuk membuat sabun mandi cair dan padat, CPO dan minyak sawit adalah alternatif terakhir jika minyak berkualitas tinggi tidak bisa didapatkan. Jika mampu mendapatkan minyak kemiri, minyak bunga matahari, minyak almond, minyak kacang dan kedelai sangat baik untuk bahan campuran pembuatan sabun.

http://herbamart.blogspot.com/2015/05/cara-membuat-sabun-cair.html
http://herbamart.blogspot.com/2015/04/kaidah-penting-membuat-sabun-mandi.html

Video dibawah ini salah satu contoh dari pengalaman saya membuat sabun cuci yang cepat dan murah dengan hasil tidak kalah dari sabun yang beredar dipasaran, luangkan waktu Anda sebentar untuk mengetahui rahasia pembuatan sabun anti lemak dan jika ada pertanyaan gunakan menu komentar.

Penelusuran topik cara membuat sabun cair herbamat:
cara membuat deterjen cair laundry, cara membuat sabun cair cuci piring, cara membuat sabun cair herbal, cara membuat sabun cair dari sabun batangan, cara membuat sabun cair alami, cara membuat sabun cair wajah, cara membuat sabun cair cuci tangan, cara membuat sabun cair sendiri

7 comments:

  1. alhamdulillah, kebetulah kami mau coba praktek buat sabun dirumah. dibookmark dulu deh :-)

    ReplyDelete
  2. Terus cara bikinnya gimana om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara bikinnya, ikuti petunjuk yang kami sertakan dalam paket pembelian

      Delete


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih