Pasar Komoditi Agro Bisnis Indonesia

Wednesday, April 29, 2015

Pakan Ikan Pengganti Pelet Dari Limbah Ternak

Harga jual hasil perikanan yang tak sebanding dengan modal usaha dikarenakan mahalnya pakan ikan membuat sebagian petani ikan mengeluh, salah salah satunya adalah petani lele pembibitan di musim-musim tertentu harga bibit lele jatuh tak bernilai. Bagi petani yang kreatif, rendahnya harga bibit lele tidak menjadi masalah, lalu bagaimana bagi petani lele musiman yang hanya ikut-ikutan. Mereka akan merasakan dampak yang sangat berat jatuhnya harga bibit lele.

Tak hanya bibit lele, ikan jenis lain seperti nila, bawal, patin, mas, gurami dan lain-lain yang mengkonsumsi pakan pabrik berupa pelet mendapatkan dampak yang cukup parah, sebenarnya tidak ada solusi lain kecuali membuat pakan ikan sendiri dari bahan alami sebagai pengganti pelet buatan pabrik dengan komposisi yang minimalnya mendekati takaran. Banyaknya limbah industri mengundang petani kreatif untuk mengolah menjadi pakan ikan alternatif pengganti pelet yang murah, mudah, dan bergizi tinggi.
Tutorial atau panduan membuat pakan ikan alami pengganti pelet buatan pabrik bisa Anda dapatkan gratis, di sini kami uraikan beberapa cara mengolah limbah industri dan rumah tangga sebagai pakan ikan pengganti konsetrat dan pelet buatan pabrik. Sebagai pelengkap informasi pembuatan pakan ternak alami silahkan baca di sini.

Limbah rumah tangga sebagai alternatif pakan ternak dan ikan.
Banyak limbah rumah tangga yang bisa digunakan sebagai bahan makanan ternak seperti limbah dapur dari sayuran dan sisa makanan, baik dari limbah rumah tangga atau rumah makan. Di sana bisa Anda temukan daging, ikan, dan sayuran sisa yang bisa dijadikan pakan ikan.

Limbah pasar bahan alternatif dan alami untuk pakan ternak dan ikan.
Pasar merupakan sumber pangan yang melimpah dan murah, hanya butuh waktu untuk datang ke pasar mengambil limbah yang masih layak digunakan pakan ikan seperti, kobis, kol, sawi, dan beberapa jenis sayur lainnya, jika beruntung Anda mendapatkan daging atau jeroan sebagai alternatif pengganti pelet.

Limbah industri pengolahan hasil bumi dan pengolahan makanan.
Limbah dari industri ini cukup melimpah, bahkan kita dapati limbah tersebut sudah di pesan peternak sebagai pakan alternatif yang murah dan bergizi tinggi karena terdiri dari ampas, dan sisa bahan makanan berukuran kecil yang sebenarnya masih layak untuk dikonsumsi, akan tetapi karena kotor atau berukuran kecil menjadi sampah di area industri pengolahan pangan. Perhatikan limbah pengolahan jagung, terkadang kita temukan jagung utuh atau ada bagian yang tidak masuk grade A sehingga harus disortir. Atau pengupasan kulit kacang, di sana kita temukan beberapa biji kacang yang masih utuh. Terlebih lagi limbah pasar, sayur 1 ikat juga sering kita temukan dalam kondisi layu tapi belum rusak.

Cara mengolah limbah rumah tangga, limbah industri dan limbah pasar sebagai pakan ternak menggunakan metode yang sudah kami paparkan diblog ini. Untuk itu silahkan jelajahi artikel tentang pembuatan pakan ternak baik unggas, ternak rumansia dan perikanan di sini.


http://herbamart.blogspot.com/search/label/Review%20Produk

Penelusuran topik pakan ikan herbamart:
daftar harga pakan ikan lele, pakan ikan lele organik, jenis pakan ikan lele, resep pakan ikan lele, membuat pakan ikan lele, budidaya ikan lele, pakan ikan lele dumbo, pakan ikan lele download, ikan lele raksasa makan manusia, cara budidaya ikan lele, ikan lele sangkuriang, manfaat ikan lele, ikan lele terbesar di dunia, budidaya ikan lele, ikan lele dumbo, jenis ikan lele, pakan lele buatan sendiri, daftar harga pakan lele, cara membuat pakan lele, harga pakan lele, pemberian pakan lele, pakan lele organik, pakan lele dumbo, harga pakan lele 781, membuat pakan ikan sendiri, membuat pakan ikan nila sendiri, membuat pakan ikan apung, membuat pakan ikan hias, membuat pakan ikan dari kotoran sapi, membuat pakan ikan gurami sendiri, membuat pakan ikan organik, membuat pakan ikan sederhana, budidaya ikan air tawar, budidaya ikan gurame, budidaya ikan lele, budidaya ikan arwana, budidaya ikan bawal, budidaya ikan mas, budidaya ikan nila, budidaya ikan patin, pakan ikan nila organik, pembuatan pakan ikan nila, cara membuat pakan ikan nila, pakan ikan nila alami, harga pakan ikan nila, pakan ikan nila kecil, pakan ikan nila merah, budidaya ikan nila, pakan ikan nila, ikan nila merah, klasifikasi ikan nila, budidaya ikan nila, manfaat ikan nila, morfologi ikan nila, pakan nila gift, pakan nila organik, pakan nila buatan, pakan nila yang baik, pakan nila terbaik, pakan nila merah, pakan nila agar cepat besar, pakan nila alternatif, harga pakan ikan cargill, berita terbaru harga pakan ikan, harga pakan ikan lele, produk pakan ikan, jual pakan ikan, beli pakan ikan, tepung ikan, harga pakan ikan tahun ini, cara membuat pelet ikan, pelet ikan lele, harga pelet ikan, pelet ikan nila, pelet ikan patin, mesin pelet ikan, pelet ikan cupang,, ilmu pelet ikan.
Penelusuran yang terkait dengan pelet ikan
cara membuat pelet ikan, pelet ikan lele, harga pelet ikan, pelet ikan nila, pelet ikan patin, mesin pelet ikan, pelet ikan cupang, pelet ikan dari limbah, harga pelet ikan, pelet ikan lele, cara membuat pelet ikan, pelet ikan nila, pengertian pelet ikan, ilmu pelet ikan, harga pelet ikan murah berkualitas, jual pelet ikan lele.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih