Agro Bisnis Indonesia

Sunday, June 7, 2015

Bila Cabai Jadi Bonsai

Bonsai, seni tradisional dari Jepang memberikan warna tersendiri dalam dunia seni rupa memanfaatkan tanaman hidup yang memiliki nilai seni tinggi, tak hanya di Jepang. Demam bonsai juga merambah ke seluruh dunia termasuk Indonesia, bahkan pameran bonsai diselenggarakan menghadirkan karya seni tinggi dari seluruh pelosok negeri. Awalnya bahan bonsai hanya menggunakan tanaman keras karena memiliki keunikan mudah dibentuk dan hasilnya pun sangat fantasis seperti tanaman merana di alam bebas, inilah yang menginspirasi seni bonsai.
Dalam perkembangannya, model bonsai tak hanya dibuat dari jenis tanaman keras, bahkan tanaman panganpun bisa menjadi obyek pembuatan bonsai termasuk tanaman cabai, anggur, jeruk, terung, dan lain-lain.

Herbamart menyajikan tehnik pembuatan bonsai dari tanaman pangan untuk berkarya membuat seni bonsai sekaligus meningkatkan nilai jual dan menambah keindahan ruangan Anda.




Bahan yang digunakan berupa pot bonsai dan bakalan tanaman cabai ungu atau cabai pelangi baik yang sudah tua maupun tanaman cabai muda. Siapkan bibit cabai yang hendak dijadikan bakalan bonsai cabai dengan penanaman khusus agar nantinya bisa dijadikan bonsai cabai.


Peralatan lain untuk pembuatan bonsai cabai berupa gunting, tang, kuas, kawat, pinset, dan lain-lain.

Pangkas seluruh daun dan batang, kemudian bersihkan media yang menempel di akar.


Tanam dalam pot bonsai cabai yang sudah disediakan, kemudian letakkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan tanaman beradaptasi terhadap media baru.



Bentuk batang cabai sesuai selera agar nantinya bonsai cabai memiliki cabang yang unik.



Jika sudah hidup dengan sempurna lakukan pengurangan media agar akar menyembul keluar sehingga nantinya bonsai cabai terlihat alami seperti tanaman tua, tambahkan juga lumut dan rumput mini sebagai penghias.


Jika daun dan ranting baru sudah tumbuh lakukan pemangkasan.


Jika ranting sudah panjang bentuk sesuai selera.


Berikan nutrisi yang cukup agar bonsai cabai tumbuh dengan sempurna dan berbuah.

Materi diambil dari fatalii.net dengan penyesuaian sedangkan gambarnya diambil dari pinterest dan photobucket. Sekalian mohon komentarnya.


Penulusuran topik bila cabai jadi bonsai herbamart :
cara membuat bonsai cabai, cara membuat bonsai tomat, cara membuat bonsai terung, cara membuat bonsai anggur, cara membuat bonsai pohon asem, cara membuat bonsai kelapa, cara membuat bonsai serut, cara membuat bonsai adenium, cara membuat bonsai cemara udang, download cara membuat bonsai, cara membuat bonsai beringin, cara membuat bonsai kelapa bercabang, cara membuat bonsai adenium, cara membuat bonsai sintetis, sejarah tanaman bonsai, media bonsai santigi, media bonsai beringin, media tanam bonsai, bonsai sidoarjo, cara merawat bonsai santigi, bonsai tanaman, bonsai media group, media tanam bonsai serut, cabai ungu, cabai pelangi, cabai unik, cabai aneh, cabe, cabe-cabean, jenis cabe, cabe jawa

4 comments:

  1. Warna dan tampilan bagus.. Media tanamnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan tanah ditambah lumut sebagai hiasan agar terkesan alami

      Delete
  2. Bonsai cabenya bisa bertahan sampai berapa tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenisnya, jika jenis cabai rawit bengek putih bisa tahunan

      Delete


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih