Agro Bisnis Indonesia

Friday, October 2, 2015

[Video] Hidroponik Paralon Dari Botol Air Mineral

Hidroponik  menggunakan botol bekas air mineral yang didesain menjadi sebuah paralon untuk memudahkan Anda yang ingin membuat hidroponik dengan biaya murah dan bahanya bisa didapatkan disekitar lingkungan kita, contohnya sebagaimana yang sudah saya buat dalam video di bawah ini yang konsep awalnya adalah mencari alternatif menggunakan bambu sehingga jatuh pada pilihan terakhir menggunakan botol air mineral sebagai pengganti paralon.
Tips cara membuat hidroponik menggunakan botol bekas ini untuk menyiasati besarnya biaya bagi yang ingin coba-coba membuat hidroponik dengan modal terbatas karena bahannya mudah kita temukan, bahkan menjadi sampah yang tak pernah terselesaikan cara mengatasinya, hanya ide kreatiflah yang akan menyelesaikan masalah penanganan sampah seperti ini. Cara membuatnya sebagai berikut.
Bahan:
  1. Botol air mineral merk apapun, kalau yang saya buat ini menggunakan jenis botol yang memiliki lingkar sama antara atas dan bawah sehingga ketika disambung rapi dari ujung pangkalnya.
  2. Lem paralon atau lem cair jenis apa saja yang cocok untuk plastik.
  3. Gelas plastik, bisa menggunakan gelas air mineral atau gelas es jus, ataupun gelas agar-agar, semua terserah sesuai kreatifitas Anda, intinya bahan mudah ditemukan.
  4. Bambu untuk penyangga.
  5. Tali.

Alat:
  1. Gunting dan cutter/pisau, alat ini saya gunakan untuk memotong botol dan melubangi gelas plastik.
  2. Kawat dibentuk melingkar dan memiliki gagang untuk melubangi botol. Contohnya tidak tampak dalam video. Lain kali saya buat yang lebih lengkap. Insya Allah.
  3. Paku, dan lain--lain sesuai kebutuhan.

Cara membuat:
  1. Potong botol bagian ujung dan pangkal sehingga menyisakan bagian tengah.
  2. Sambungkan masing-masing botol dan rekatkan menggunakan lem.
  3. Bagian ujung susunan siapkan botol yang tidak dipotong bagian bawahnya sekaligus sebagai penutup kedua sisi. 
  4. Lubangi menggunakan kawat yang sudah dipanaskan hingga merah lalu tempelkan dipermukaan botol, atur jarak sesuai kebutuhan
Desain hidroponik untuk orang miskin siap digunakan.

Update video lanjutan yang atas. (23 oktober 2015)

Penelusuran Topik Hidroponik Paralon Dari Botol Air Mineral.
Kerajinan bambu, kerajinan botol bekas, kerajinan bahan bekas, kerajinan bahan bekas, cara membuat hidroponik botol, cara membuat hidroponik paralon, harga paralon terbaru, kerajinan dari paralon, paralon dari bambu, bambu pengganti paralon, botol pengganti paralon, kreasi botol bekas, kreasi paralon, kerajinan unik botol bekas, video hidroponik, tutorial hidroponik lengkap, panduan hidroponik.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih