Agro Bisnis Indonesia

Wednesday, May 20, 2015

15 Pola Tanam Paling Aneh Di Dunia

Industri pangan tak lepas dari terapan budidaya untuk menghasilkan produk pangan dari tanaman karena ini adalah kebutuhan pokok setiap manusia, terlebih lagi sempitnya lahan budidaya memancing kreatifitas pelaku usaha untuk menerapkan cara baru dan bisa dibilang aneh menurut sebagian orang karena tehnik budidaya ini belum dikenal sebelumnya, bahkan dianggap cara gila atau kurang kerjaan. Jika percobaan gagal akan dianggap sombong dan mencibir, tapi jika berhasil ikut-ikutan.

Herbamart mengumpulkan dan memilih 15 pola tanam paling aneh di dunia dengan alasan metode ini belum dikenal sebagian masyarakat, memang cara baru, atau kegiatan budidaya yang sudah dilakukan orang disuatu daerah tapi tidak populer dan diketahui kebanyakan masyarakat kita secara umum. Bagi yang ingin menambahkan silahkan hubungi kami.
Inilah 15 cara aneh budidaya tanaman pangan di dunia.

Sapi sawit
Pertama kita mulai dari perkebunan kelapa sawit yang menerapkan terapan peternakan sapi dan kelapa sawit, di mana sapi digunakan sebagai suplay pupuk alami di lahan perkebunan kelapa sawit sekaligus ikut membersihkan rumput liar sebagai makanan pokok yang tentunya menguntungkan bagi pemilik kebun karena memiliki dua komoditi perternakan dan perkebunan sekaligus.

Kopi luwak
Yang kedua ini hampir sama dengan sapi sawit, hanya saja fungsi luwak yang dipelihara di lahan perkebunan memberikan 3 keuntungan yaitu membantu sortasi buah matang dengan buah yang belum masak karena luwak hanya memakan buah yang sudah masak tanpa merusak biji, membantu mensuplay pupuk organik, dan menghemat tenaga kerja pemetik buah yang jujur karena jika menggunakan jasa manusia hasil panen kurang baik, terkadang buah yang belum masak ikut dipetik atau tidak menjalankan tugas dengan baik ditambah lagi biaya sewa tenaga kerja cukup tinggi.
Itik padi
Salah satu tehnik pola tanam yang pertama kali diperkenalkan di Jepang oleh seorang petani ini kurang populer dimasyarakat kita karena beranggapan akan merusak tanaman padi, selain itu keluhan air menyebabkan gatal karena kotoran itik tercampur air dilahan padi. Jika dicermati pola tanam itik padi memberikan keuntungan lebih bagi petani karena pemeliharaan itik hanya berlangsung 2 bulan sejak tanam sehingga sebelum padi bunting itik sudah dikeluarkan dari lahan padi. Keuntungannya adalah;
  1. Mensuplay pupuk organik dari kotoran itik tersebut
  2. Menggemburkan tanah karena setiap hari terinjak kaki itik yang membuat tanah tetap gembur sehingga perakaran sempurna untuk menyerap makanan dalam tanah.
  3. Membantu penanggulangan hama seperti wereng, belalang, ulat, keong, dan tikus pemakan tanaman padi muda dikarenakan aktifitas itik dilahan padi mengusir dan memakan serangga pengganggu.
  4. Memberi tambahan penghasilan dari ternak itik yang bisa dijual pada umur 2 bulan untuk membeli pupuk lanjutan hingga panen.
Tumpang sari
Pola tanam gabungan antara tanaman berumur pendek dan tanaman berumur panjang memiliki keuntungan di mana tanaman umur pendek bisa dipanen lebih cepat sebagai tambahan biaya perawatan tanaman inti berumur panjang, atau tambahan penghasilan hasil panen dari tanaman umur pendek tersebut selain mengoptimalkan lahan budidaya untuk menghasilkan panen berlimpah. Contoh, tanaman jagung dengan kacang tanah, kayu keras dengan tanaman sayuran, cabai dengan sawi, dan lain-lain.

Hidroponik
Tehnik pertanian yang pernah dilakukan di Babilonia ini akhir-akhir ini cukup populer, bahkan dikelola dalam skala industri besar untuk menghasilkan produk pangan organik tanpa tanah, Hydroponic metode pola tanam tanpa tanah ini bisa dilakukan di mana saja asalkan tercukupi sinar matahari dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Zeoponik
Hampir sama dengan hidroponik hanya media tanam menggunakan batu zeolit, alternatif lain bisa menggunakan berbagai macam media seperti proton, tanah liar bakar, sekam bakar, arang, pecahan batu dan genteng, serat, fiber, kapas,  kertas, cocopeat hidrogell, dan lain-lain.

Tabulampot
Sempitnya lahan budidaya dan sansasi mendapatkan hasil panen skala kecil dilakukan dalam pot dan polibag, tak hanya sayur dan bunga, bahkan buah-buahan mini ditanam disebuah media sempit menggunakan pot dengan istilah tabulampot (tanaman buah dalam pot)

Bonsai
Seni tradisional Jepang ini cukup populer hampir di seluruh negeri dengan mengkerdilkan tanaman dengan tetap tercukupinya nutrisi untuk metabolisme dan pertumbuhan batang, daun, bunga, bahkan buah. Daya tarik dari budidaya tanaman seperti ini adalah keindahan sebuah tanaman seperti sudah tua dan lapuk yang memberikan nilai eksotis.

Legowo
Tehnik pola tanaman padi untuk mencegah hama tikus ini tak banyak dilakukan petani karena menyisakan ruang kosong dan dianggap sayang jika tidak ditanami, padahal memiliki keuntungan di mana padi lebih banyak mendapatkan sinar matahari dan memudahkan petani melakukan pengawasan intensitas serangan tikus.

S.R.I
System of Rice Intensification atau dikenal dengan istilah sri merupakan cara baru bercocok tanam padi di pesawahan yang memiliki keunggulan dalam budidaya padi organik maupun non organik terbukti mampu meningkatkan hasil panen lebih banyak dibanding tehnik bertanam padi yang dilakukan masyarakat kita.

Rumah kaca
Bertanam di rumah kaca atau plastik ini dilakukan untuk mendapatkan tanaman yang sehat bebas hama dan penyakit, metode ini banyak dilakukan di pusat-pusat penelitian dan pengembangan bibit & hortikultura termasuk juga pebisnis bibit skala industri menggunakan tehnik bertanam seperti ini dipadukan dengan metode hidroponik.

Di atas gedung
Sempit lahan budidaya diperkotaan setidaknya membuahkan pemikiran untuk memanfaatkan lahan kosong yang tersedia, di daerah yang padat penduduk banyak terdapat rumah susun permanen sehingga sebagian petani kreatif memanfaatkan lahan di atas rumah sebagai tempat budidaya yang tentunya memakan biaya lebih mahal untuk penyediaan air.

Digurun pasir tandus
Siapa bilang gurun pasir tandus tidak bisa ditanami, kita pernah mendengar atau melihat foto lahan pertanian di tengah gurun dan pandang tandus itu bukan gambar rekayasa sofware pengolah image, karena kenyataannya ada lahan tersebut dengan metode pola tanam yang berbeda di daerah subur, terlebih target yang ingin dicapai dari hasil budidaya sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Semua kegiatan budidaya sudah direncanakan matang dengan memilih tempat di tengah gurun yang bebas polusi dan penyakit menular, tak hanya itu proses budidaya hingga panen juga melibatkan mesin-mesin bertehnologi maju seperti pesawat terbang untuk menyebar benih dan menyiram tanaman, serta mesin-mesin pemanen yang semua itu menggantikan tenaga manusia.

Panen di luar musim
Siapapun ingin merasakan hasil panen setiap musim, tapi apa daya Yang Maha Kuasa memberikan rejeki sesuai kadar dan ukuran untuk kemaslahatan semua makhluk, jika mampu didapatkan hasil budidaya di luar musim ini yang diinginkan setiap orang terlebih bagi petani panen di luar musim memberikan keuntungan berlipat karena nilai jual hasil panen cukup mahal. Dengan sedikit perlakuan banyak tanaman bisa dibuahkan di luar musim seperti sistem streesing atau merontokkan seluruh daun sehingga tanaman mengeluarkan tunas baru dan bunga lebih cepat.

Kultur jaringan
Inilah cara terakhir yang herbamart sajikan, tehnik budidaya untuk menghasilkan tanaman asli seperti induknya dengan kualitas baik sepertinya tidak ada cara lain kecuali menggunakan metode kultur jaringan ini. Bahkan metode ini mampu menghasilkan tanaman lebih banyak dibanding menggunakan biji dan anakan yang tidak terjamin pertumbuhan dan hasil produksi sama seperti induknya.
Anda mau menambahkan metode lain, sumbangkan ide anda di sini.

http://herbamart.blogspot.com/2015/05/produk-media-tanam-dari-arang-sekam.html
http://herbamart.blogspot.com/2015/05/waspada-trichoderma-sp-ada-di-sekitar.html 
http://herbamart.blogspot.com/2015/05/cara-unik-dan-murah-meningkatkah-hasil.html

Penelusuran topik 15 Pola tanam paling aneh di dunia herbamart:
bercocok tanam cabe, bercocok tanam sayuran, bercocok tanam terong, bercocok tanam tomat, bercocok tanam mangga, bercocok tanam padi, bercocok tanam semangka, bercocok tanam kangkung, kelebihan dan kekurangan sistem pola tanam monokultur, artikel sistem pola tanam, makalah sistem pola tanam, sistem pola tanam pertanian, cara sistem pola tanam, pengertian pola tanam, pola tanam jagung, pola tanam padi hcs, pola tanam padi jajar legowo, pola tanam padi sri, pola tanam padi sawah, pola tanam padi ukm, teknik tanam padi pola sri, pola tanam padi pertanian, teknik tanam padi pola sri video, sistem pola tanam, pengertian pola tanam psikologi, makalah pola tanam, definisi pola tanam, pola tanam campuran, jenis pola tanam, pola tanam monokultur, cara bertanam melon, cara bertanam tomat, cara bertanam bawang merah, cara bertanam anggur, cara bertanam jahe, cara bertanam jagung, cara bertanam padi, bertanam cabe rawit, bertanam cabe organik, bertanam cabe download, artikel bertanam cabe, bertanam cabe rawit di polybag, cara bertanam cabe keriting, bertanam cabe rawit sawah, tips bertanam cabe, cara menanam hidroponik, hidroponik sederhana, hidroponik sayuran, aeroponik, pengertian hidroponik, video hidroponik, keuntungan hidroponik, tanaman hidroponik, bertanam hidroponik di rumah, nutrisi hidroponik, artikel bertanam hidroponik, manfaat hidroponik, cara bertanam cabe merah, cara bertanam cabe rawit, cara bertanam tomat, cara bertanam cabe keriting, tips bertanam cabe, artikel bertanam cabe, cara bertanam cabe tomat, cara bertanam cabe dalam polybag, cara bertanam hidroponik sederhana, cara penanaman secara hidroponik, cara bertanam cabe, kelemahan hidroponik, lahan hidroponik, bertanam secara hidroponik, media hidroponik, cara berkebun hidroponik, bertanam sayuran hidroponik, bertanam sayuran secara vertikultur, bertanam sayuran di polybag, bertanam sayuran organik pekarangan rumah, bertanam sayuran di pekarangan, cara bertanam cabai, bertanam cabai hidroponik, bertanam cabai rawit, bertanam cabai merah, bertanam cabai keriting, bertanam cabai organik, bertanam cabai secara hidroponik, buku bertanam cabai, cara bertanam tomat, tips bertanam tomat, artikel bertanam tomat, bertanam tomat hidroponik, buku bertanam tomat, resensi novel bertanam tomat, makalah bertanam tomat, sinopsis bertanam tomat, cara menanam jahe yang baik, bertanam jahe dalam keranjang, bertanam jahe kumpulan tips, artikel cara bertanam jahe, budidaya jahe, bertanam jahe gajah, bertanam jahe pola hcs, bertanam jahe dengan karung, tanaman obat dan khasiatnya, macam-macam tanaman obat, tanaman obat asam urat, tanaman obat kumis kucing, tanaman hias, obat tradisional, pengertian tanaman obat, tanaman obat keluarga, macam-macam tanaman hias, gambar tanaman hias, harga tanaman hias, tanaman hias anggrek, tanaman hias anthurium, tanaman hias aglaonema, tanaman hias adenium, pengertian tanaman hias, jenis tanaman langka, jenis tanaman hias outdoor, jenis tanaman hias, jenis tanaman palawija, jenis tanaman perkebunan, jenis tanaman obat, jenis tanaman pangan, jenis tanaman dan manfaatnya, budidaya tanaman sayuran, budidaya tanaman cabe, budidaya tanaman pangan, pengertian budidaya tanaman, budidaya tanaman jagung, budidaya tanaman hias, budidaya tanaman cengkeh, budidaya tanaman tomat, gambar tanaman jagung, gambar tanaman hias, gambar tanaman bunga, gambar tanaman perkebunan, gambar tanaman tomat, gambar tumbuhan, gambar tanaman lidah mertua, gambar tanaman obat, tanaman buah yang menguntungkan, tanaman buah langka, tanaman buah lengkeng, jual tanaman buah, tanaman buah buahan, tanaman buah mangga, tanaman hias, pengertian tanaman buah, budidaya tanaman padi, morfologi tanaman padi, penyakit tanaman padi, tanaman padi sawah, sejarah tanaman padi, manfaat tanaman padi, gambar tanaman padi, tanaman air tawar aquarium, tanaman air aquarium, jenis tanaman air tawar, tanaman dalam air, tanaman air hias, tanaman air tawar, tanaman air untuk kolam ikan, bambu air

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih