Agro Bisnis Indonesia

Sunday, April 6, 2014

Membuat Pakan Ternak Alternatif Murah Dan Bergizi Tinggi

Salah satu faktor keberhasilan dibidang perternakan adalah ketersediaan pakan yang bisa memenuhi gizi dan nutrisi untuk pertumbuhan dan produktifitas, akan tetapi jika mengandalkan pakan pabrikan, kenaikan harga menjadi kendala bagi peternak. Sebagai alternatifnya sebagian mereka berhenti sampai harga turun yang akhirnya akan menurunkan penghasilan karena tidak mampu membeli pakan, adapun yang masih bertahan bayang-bayang kerugian akan mengancam, mereka melakukan spekulasi demikian mencoba mempertahankan diri ditengah krisis pakan karena bisa jadi harga jual bisa menyesuaikan dengan besarnya biaya yang dikeluarkan.
Permasalahannya apakah kondisi seperti ini akan terus terjadi sepanjang jaman, jika demikian siapa yang diuntungkan? Penyedia pakan atau peternak. Bagi penyedia pakan mahalnya harga dipengaruhi dari harga dasar bahan baku pembuatan pakan ternak yang naik, jika tidak diimbangi dengan harga jual lebih tinggi jelas usahanya akan gulung tikar. Bagi perternak ketergantungan pakan belum bisa digantikan dengan produk alternatif buatan sendiri yang tentunya dari sisi kualitas, komposisi bahan, waktu pembuatan dan biaya bisa jadi lebih mahal dari pada membeli pakan siap pakai. Akan tetapi hal ini tidak menjadi masalah jika mereka bisa kreatif membuat pakan ternak sendiri dengan kandungan gizi dan nutrisi serta kualitas lebih baik dari buatan pabrik, semua itu tergantung kemauan dan ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan pakan alternatif yang murah dan bergizi tinggi.
Beberapa bahan pakan alternatif yang tidak kalah bagusnya dengan pakan buatan pabrik berdasarkan kaidah adalah sebagai berikut;
1.       Pahami apa saja bahan yang terkandung dalam pakan buatan pabrik.
2.       Apakah bahan tersebut tersedia disekitar tempat Anda?
3.       Berapa biaya dan waktu untuk pengadaan bahan tersebut.
4.       Berapa biaya untuk pembuatan pakan alternatif, dll.
Jika semua memang tersedia ada baiknya anda membuat pakan ternak alternatif yang murah dan sesuai kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ternak yang dipelihara. Sebagai contoh, dalam bahan baku pakan ternak terkandung karbohidrat berfungsi sebagai serat atau pertumbuhan, jika demikian apa saja bahan yang mudah anda dapatkan. Singkong, jagung, dedak/bekatul, jerami, ampas tahu, ampas singkong, ampas sagu, batang pisang, rumput, dan lain-lain, jika salah satu bahan ini tersedia, murah dan mudah didapatkan ada baiknya anda gunakan.
Saya sendiri menggunakan singkong kering dibuat menir, tepung sayur terbuat dari daun singkong karet dan daun pepaya dikukus lalu dikeringkan baru digiling, tepung ikan dari limbah ikan asin yang tersedia dipenjual ikan asin ditambah bekatul. Bahan pakan alternatif ini untuk ternak ayam kampung, semua bahan baku mudah didapatkan dan terlihat pertumbuhan ayam cukup baik. Singkong dipilih karena kandungan karbohidrat, daun singkong berfungsi sebagai pertumbuhan dan daun pepaya untuk meningkatkan nafsu makan, adapun tepung ikan adalah nutrisi dari produk hewani yang cukup murah dan dibutuhkan untuk pertumbuhan. Sebagai suplemennya saya gunakan biofarm sebagai antibiotik, vaksin alami, sekaligus mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan nafsu makan ayam.
http://herbamart.blogspot.com/2011/11/rumput-pakan-alternatif-peternakan.html

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih