Agro Bisnis Indonesia

Tuesday, July 12, 2016

Peluang Bisnis Yang Sangat Menjanjikan Dari Budidaya Rumput Odot


Herbamart :: Sebagian peternak masih ada yang belum mengenal salah satu jenis rumput yang baik untuk pakan ternak dikarenakan kurangnya pengetahuan dan perkembangan informasi hingga banyaknya pembudidaya rumput odot. Mungkin Anda juga belum mengetahui apakah rumput odot ini. Rumput odot adalah jenis rumput yang mudah tumbuh hampir di semua tempat baik dataran tinggi, dataran rendah bahkan tanah extreme bisa dijadikan lahan budidaya rumput odot dengan tehnik pemeliharaan khusus karena tanaman ini juga memiliki ciri dan karakteristik khusus. Agar pertumbuhan rumput odot maksimal butuh pengetahuan dan panduan budidaya rumput odot. Di sini kami sampaikan segalanya tentang rumput odot mulai dari tempat jual bibit rumput odot, cara budidaya dan pemeliharaan, hingga panen dan pengolahan hasil panen rumput odot.

Secara umum tanaman di dapatkan dengan bibit dan benih, lalu bagaimana dengan rumput odot? Ini adalah pertanyaa umum yang kami dapatkan ketika melayani transaksi bibit rumput odot untuk itu perlu dipahami apakah sama antara bibit dan benih rumput odot. 
Umumnya bibit didapatkan dari biji yang sudah tumbuh atau tanaman yang siap dipindahkan dalam bentuk batang, sedangkan benih umumnya masih dalam bentuk biji, sementara rumput odot tidak memiliki bunga dan biji. Rumput odot berkembang biak melalui perbanyakan anakan dan tunas yang muncul di batang dan pokok tanaman.

Deskripsi Rumput Odot

Tanaman semak dengan tinggi 1 meter lebih, berdaun panjang sekitar 50-70 cm dan akan lebih baik lagi ukurannya jika perawatannya maksimal. 
Secara morfologi rumput odot memiliki jaringan daun dan batang yang lebih lunak, tidak kaku, tidak berbulu, serta tidak berserat kasar dan berair sehingga rumput ini disukai hampir semua jenis ternak karena kerenyahannya.
Perbanyakan rumput odot melalui anakan dan tunas yang tumbuh di batang.
Lahan yang cocok untuk budidaya rumput odot adalah tanah basah dengan kecukupan air dan sinar matahari penuh. Dari jenisnya rumput odot tidak memiliki jenis yang sama akan tetapi secara fisik dapat disamakan dengan tanaman pandan untuk pertumbuhannya, dan tanaman rumput gajah kolonjono untuk penampilan fisiknya.

Kandungan Nutrisi Dalam Rumput Odot Adalah;

  • Protein kasar 14 %
  • Protein kasar daun 14.35%
  • Protein kasar batang 8.1 %
  • Kadar lemak kasar  daun 2.72%
  • Kadar lemak kasar batang 0.91
  • Digestibility daun 72.68%
  • Digestibility batang 62.56%
  • Sedangkan TDN (Total Digestible Nutrient) rumput odot belum kami dapatkan infonya.


Keunggulan dan Manfaat Rumput Odot

  • Dibanding jenis rumput untuk pakan ternak yang lain ciri rumput odot adalah;
  • Mudah dibudidayakan baik secara konvensional di media tanah, sekam, arang, maupun hidroponik.
  • Pertumbuhan yang cepat dengan perawatan yang benar dengan cara pemupukan yang rutin dan pemanenan yang benar, karena jika salah ketika panen akan menghambat pertumbuhan tanaman. Seperti memotong rumput odot mendekati media tanam. Agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman dan anakan butuh perlakuan khusus.
  • umur rumput odot yang relatif pendek sehingga mempercepat masa panen, hal ini kembali kepada cara panen yang akan mempengaruhi cepat dan lambatnya pertumbuhan rumput odot. Panen pertama sejak awal tanam adalah 3 bulan dan selanjutnya tergantung perawatan yang benar bisa dipanen setiap 25-30 hari sekali dengan berat yang relatif.


Rumput Odot vs Rumput Gajah

Sebagian yang belum memiliki rumput odot akan bertanya tentang perbedaan rumput odot dan rumput gajah yang secara umum disebut kolonjono, penjelasan perbedaan sudah dipaparkan di atas bahwa ciri rumput odot lebih pendek dibanding rumput gajahan, dan lebih lunak serta tidak berbulu sehingga disukai hampir semua jenis ternak baik sapi, kambing, domba, kelinci, marmut, ayam dan jenis unggas seperti itik, mentok, angsa, kalkun bahkan ikan gurami dan nila. Sedangkan rumput gajahan memiliki tekstur yang kasar dan bisa merusak lambung karena berbulu, rumput ini lebih cocok untuk ternak besar seperti sapi dan kerbau.

Petunjuk Cara Menanam Rumput Odot Yang Benar

  • Bibit tanaman rumput odot memiliki perlakuan khusus ketika Anda mendapatkan bibit ini, terutama jika dibeli secara online dengan jangka pengiriman lebih dari 4 hari karena terbungkus dan mengalami perpindahan suhu sehingga kemungkinan daya tumbuhnya menurun, untuk itu kami berikan tips merawat bibit rumput odot yang dibeli secara online.
  • Jika bibit dikirim lebih dari 4 hari jangan langsung di tanam bibit rumput odot ke tanah karena resiko kematian cukup tinggi, tapi kondisikan dahulu agar beradabtasi terhadap perubahan suhu dan lingkungan baru.
  • Letakkan di tempat teduh dan terlindung dari sinar matahari setelah jam 9 pagi.
  • Letakkan dalam wadah yang berisi air bersih dan diganti setiap hari selama 1 minggu hingga tanaman tumbuh akar dan tunas.
  • Penataan bibit secara berdiri dan agak jarang sekitar 1-2 cm untuk memberi ruang gerak pertumbuhan anakan atau tunas baru, jika terlalu rapat resiko kematian dan gangguan pertumbuhan lebih besar.
  • Amati perkembangan tanaman jika ada gangguan penyakit bawaan atau ada yang tidak berkembang pertumbuhannya hingga tanaman siap dipindahkan setelah 2 minggu. Ini adalah tahap seleksi bibit sebelum ditanam.
  • Cara menanam rumput odot yang sudah lolos seleksi bisa diletakkan berbaring atau berdiri tegak.
  • Jika kondisi lingkungan Anda sulit air bisa diupayakan dengan budidaya rumput odot hidroponik atau menggunakan media lain seperti arang atau sekam yang sudah difermentasi.
  • Jika tanaman sudah tumbuh dengan baik produksi rumput odot secara masal untuk diperjual belikan dalam bentuk pakan ternak basah maupun kering atau batang sebagai bibit.


Peluang Bisnis Yang Sangat Menjanjikan Dari Budidaya Rumput Odot

Bibit rumput odot di malang nasibnya tak menentu karena banyaknya peternak yang menjual bibit dengan harga yang tidak seragam, atau petani yang tidak mau menjual bibitnya karena mau digunakan sendiri. Jika Anda ingin memiliki bibit rumput odot dalam jumlah besar kami menyediakan pengadaan bibit rumput odot karena harga bibit rumput gajah odot saat cukup murah dan ongkos kirim bisa gratis. Lalu apa peluang usaha pengembangan budidaya rumput odot?
Hasil budidaya rumput odot bisa anda jual untuk kambing etawa, domba, kambing kacangan, sapi, kelinci, dan lain-lain karena ketika panen harga jual rumput odot per kg mencapai Rp. 5.00-1.000. belum lagi dari hasil penjualan anakan dan bibit rumput odot.
Tertarik mengambil peluang bisnis pengadaan pakan ternak ini? di sini kami tampilkan beberapa contoh dalam bentuk foto rumput odot.

Klik untuk memperbesar
Klik untuk memperbesar
Klik untuk memperbesar
Sebagai pelengkap silahkan lihat video rumput odot youtube di bawah ini.

Walaupun banyak pedagang yang jual rumput gajah super odot dalam bentuk bibit Anda tidak perlu khawatir kalah dalam persaingan, dari pengalaman kami pelayanan yang baik dan memuaskan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli untuk memilih dari sekian banyak penawaran jual beli bibit rumput odot.
Apa lagi peluang usaha budidaya rumput odot selain pakan basah dan bibit stek? Di sini masih ada peluang lain untuk pengadaan pakan ternak alami menggunakan tehnik fermentasi agar hemat dan bernutrisi tinggi, di sini kami berikan petunjuk membuat pakan fermentasi rumput odot dalam materi khusus.
Jika Anda belum memiliki rumput odot bisa hubungi kami atau klik tautan ini untuk pembelian secara online.


0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih