Pasar Komoditi Agro Bisnis Indonesia

Sunday, July 10, 2016

Membuat Detergent Bubuk Sendiri Skala Rumah Tangga

Membuat sabun cuci sendiri selain hemat biaya Anda akan mendapatkan formula sabun cuci sesuai keinginan,  karena jika menggunakan sabun buatan pabrik ada beberapa kekurangan karena ada beberapa bahan yang tidak Anda butuhkan. Dengan membuat deterjen sendiri Anda akan mengetahui rahasia pembuatan deterjen yang selama ini menjadi pertanyaan mengapa kemasan deterjen dalam takaran 1 kg berbeda-beda setiap produknya,  harga, fisik, dan lain-lain. Apakah sebenarnya yang ada dalam kandungan deterjen yang Anda gunakan setiap hari? 

Temukan rahasia pembuatan sabun cuci menggunakan tangan dan mesin sehingga Anda terbebas dari rasa penasaran atau ingin mencoba membuat deterjen bubuk sendiri menggunakan formula yang kami sampaikan berikut ini.

Pembuatan deterjen bubuk apapun jenis dan mereknya tidak lepas dari bahan utama pembuatan sabun cuci yaitu: 
Bahan:

  1. Bahan aktif 
  2. Bahan pengisi filler
  3. Bahan penunjang 
  4. Bahan tambahan 
  5. Bahan pewangi 
  6. Bahan anti foam

Bahan Aktif : berfungsi sebagai pembersih dan berbusa seperti, Sodium Lauryl Sulfonate (SLS), Emal,  dan Neopelex (NP). Produk Emal dan Neopelex ini memiliki beberapa varian yaitu, Emal-10, 20, dan 30, serta NP-10, 20, dan 30.
Bahan pengisi / filler: kebanyakan menggunakan bubuk Sodium sulfat, Sodium pyrophospate,  dan Sodium sitrat berwarna putih, dan mudah larut dalam air.
Bahan penunjang: bubuk soda abu atau ash berwarna putih akan tetapi produk ini tidak bisa digunakan dalam jumlah besar karena menyebabkan panas ditangan ketika mencuci. Bahan yang lain adalah Sodium Tripoly Phosphate (STTP) yang memiliki efek samping positif bisa menyuburkan tanaman karena kandungan sulfat dari bahan sabun cuci ini.
Bahan tambahan (aditif): Bahan ini bersifat pilihan bagi yang ingin menggunakan karena memiliki kekhususan atau kelebihan dibanding produk yang lain seperti memberi kesan lebih banyak, lebih murah,dan lain - lain karena hanya  bersifat tambahan. Seperti Carboxy Methyl Cellulose (CMC)  yang berfungsi untuk mencegah kotoran melekat kembali atau antiredeposisi. Bahan lain bisa ditambahkan untuk memberikan nilai tambah setiap produk sehingga banyak pilihan bahan tambahan yang bisa digunakan dalam membuat sabun cuci bubuk atau deterjen bubuk.
Bahan pewangi: produk ini bersifat memberi sensasi dalam kegiatan mencuci akan tetapi fungsi utama pewangi atau parfum adalah untuk menyamarkan aroma kain dalam cucian.
Antifoam/antibusa sabun: produk ini berbentuk cairan dan digunakan secara khusus untuk pembuatan sabun cuci menggunakan mesin cuci bertujuan untuk menghilangkan busa sabun dalam penggunaan yang sedikit.

Belajar Membuat Deterjen Bubuk Dalam Jumlah Sedikit 

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sabun cuci bubuk sendiri dalam skala kecil bisa menggunakan contoh bahan yang kami jual untuk memahami fungsi setiap bahan, jika berhasil Anda bisa melakukan modifikasi untuk mendapatkan produk sabun cuci buatan sendiri dengan formula sesuai kebutuhan karena jika menggunakan produk sabun cuci siap pakai ada saja kekurangannya,  apakah dari sisi aroma ataupun ada kekhawatiran terhadap bahan yang digunakandengan membuat sabun cuci sendiri dalam skala kecil bisa menghemat anggaran sekaligus ada kepuasan karena mendapatkan produk sesuai harapan.

Cara Membuat Deterjen Atau Sabun Cuci Bubuk Sendiri Skala Rumah Tangga

Hal yang paling penting dalam membuat sabun cuci bubuk sendiri adalah ketepatan formula yang digunakan, karena jika ada takaran yang lebih akan menimbulkan masalah ketika mencuci atau produk gagal,  kegagalan dalam proses pembuatan sabun didasari sejak awal pembuatan seperti peralatan yang kurang memadai atau formula yang tidak seimbang. Hasil akhir dan proses pembuatan sabun bisa jadi lembek, gagal dalam pembuatan serbuk, tidak berfungsinya sebagian bahan sabun, atau bahkan bisa merusak kain dan membahayakan pengguna.
Pembuatan deterjen bubuk skala kecil menggunakan metode campuran kering sederhana dengan tetap mengacu formula yang digunakan berdasarkan porsentase bahan dan penggunaan sabun ketika mencuci, apakah menggunakan tangan atau mesin cuci. Contohnya adalah penggunaan soda abu, jika jumlahnya sedikit menurunkan daya bersih, sedangkan jika kelebihan akan membuat panas ditangan karena kadar soda abu sekitar 4-6%dari total bahan yang digunakan.
Sebelum membuat sabun cuci sendiri persiapkan peralatan yang dibutuhkan antara lain; 

  • 2 buah ember besar dan 2 buah ember kecil.
  • 3 buah pengaduk dari kayu.
  • 1 buah timbangan besar dan1 buah timbangan kecil.
  • Saringan atau ayakan.

Proses pembuatan sabun cuci sendiri sebagai berikut:

  1. Timbang bahan deterjen yang akan digunakan.
  2. Campurankan bahan satu persatu sesuai urutan dan jangan terbalik karena bisa menyebabkan proses pembuatan deterjen buatan sendiri gagal atau tidak sempurna. Yang pertama adalah campurkan Emal-10 dan STTP. Kemudian pisahkan dalam 2 bagian atau hasil campuran Emal-10 dan STTP dibagi 2.
  3. Buat adonan parfum  dan soda abu.
  4. Campurkan 1/2 campuran Emal-10 dan STTP dengan campuran parfum dan soda abu.
  5. 1/2 bagian sisanya dicampur dengan NP-30.
  6. Adonan selesai untuk selanjutnya diayak untuk mendapatkan bubuk deterjen dengan ukuran butiran yang merata.

Produk siap digunakan untuk mencuci atau dikemas untuk dijual.
Waktu yang digunakan untuk membuat sabun cuci buatan sendiri seberat 10 kg  sekitar 1 jam.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih