Agro Bisnis Indonesia

Saturday, May 30, 2015

Media Tanam Alternatif Pengganti Tanah

Sempitnya lahan budidaya dan tercemarnya tanah tempat budidaya atau sulitnya mendapatkan media tanam berupa tanah terutama diperkotaan, herbamart memberi alternatif media tanam pengganti tanah yang memiliki fungsi sama atau bahkan lebih baik dari media tanam tanah, alasannya media tanam pengganti tanah ini lebih steril dan bebas penyakit perusak tanaman.

  1. Sekam, baik sekam mentah atau sekam bakar berupa arang sekam, media ini cocok untuk media tanam tanaman anggrek, media tanam tanaman hidroponik, media tanam tanaman sirih, media tanam tanaman rambat, media tanam tanaman lidah mertua, media tanam tanaman bonsai, media tanam tanaman aglaonema, media tanam tanaman mawar karena bersifat porous dan menyimpan air.
  2. Jerami padi, jerami gandum, dan batang alang-alang. Bagi Anda yang mudah mendapatkan bahan-bahan tersebut bisa dijadikan media tanam alternatif pengganti tanah, bahkan herbamart pernah mencoba menanam kangkung menggunakan media jerami kering.
  3. Cocopeat, limbah hasil pengilohalan sabut kelapa berupa daging kulit kelapa ini bisa dijadikan alternatif untuk media tanaman hias, media tanaman organik, media tanaman hidroponik,  media tanaman cabe, media tanaman selain tanah, media tanaman aglaonema, dan media tanaman rambat karena memiliki kemampuan menyerap air dua kali lipat dan ringan.
  4. Ijuk, selain sebagai bahan baku kerajinan dan filter air, ijuk bisa dijadikan media tanam pengganti tanah, hanya saja untuk mendapatkan produk ini cukup sulit karena tanaman aren yang semakin langka.
  5. Akar pakis, media yang cukup populer untuk tanaman bunga anggrek ini semakin langka karena perburuan yang tidak memperhatikan keseimbangan alam.
  6. Kapas, salah satu hasil perkebunan yang memiliki banyak manfaat ini sudah lama digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan seperti bahan pembuat pakaian dan bahan untuk media tanam hidroponik serta referensi media perkecambahan biji.
  7. Tanah liat bakar, produk ini salah satu alternatif jika kesulitan mendapatkan beberapa media yang disebutkan di atas. Media alternatif pengganti tanah ini mudah didapatkan di sekitar kita.
  8. Batu zeolit, batu gunung ini agaknya kurang banyak digunakan orang sebagai media tanam, walaupun demikian trend zeoponik pernah terjadi namun kurang populer karena untuk mendapatkan batu zeolit cukup susah dan mahal. Akan tetapi batu zeolit bisa dijadikan alternatif media tanam pengganti tanah.
  9. Hydroton, salah satu produk tanah liat bakar berbentuk butiran ini beredar dipasaran sebagai alternatif media tanam unik dan praktis.
  10. Hydrogell, hampir sama dengan hydroton, produk ini terbuat dari air yang diberi warna dan bening transparant cukup cantik sebagai media tanam.
  11. Berbagai jenis serat sintetis sebagai alternatif media tanam pengganti tanah mulai banyak diperdagangkan untuk pola tanam hidroponik.
  12. Busa, produk sintetis ini memiliki kemampuan hampir sama seperti kapas maupun serat sintetis yang banyak digunakan dalam pola tanam hidroponik.
Penelusuran topik Media Tanam Alternatif Pengganti Tanah herbamart:
media tanam sekam mentah, sekam sebagai media tanam, budidaya tanaman sekam, media tanam anggrek dendrobium, media tanam pakis, media tumbuh anggrek, media tanam anggrek vanda, budidaya tanaman anggrek, media tanam anggrek bulan, media tanam anggrek tanah, media tanam anggrek vanda douglas,media tanam hidroponik sederhana, cara membuat media tanam hidroponik sederhana, macam macam media tanam hidroponik, media tanam hidroponik pdf, cara membuat media tanam hidroponik, jual media tanam hidroponik, media tanam hidroponik sawi, media kreasi hidrogel, media dekorasi hidrogel, tanaman hidrogel, cara membuat cocopeat, fungsi cocopeat, jual cocopeat, harga cocopeat, beli cocopeat, cocopeat buyer, cocopeat block, media tanam cocopeat

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih