Agro Bisnis Indonesia

Wednesday, May 27, 2015

Irigasi Alternatif Pada Musim Kemarau

Musim kemarau hampir tiba ketika postingan ini dibuat, kekurangan air menjadi permasalahan baru disemua tempat karena air sebagai sumber kehidupan mulai sulit didapatkan entah karena pencemaran sehingga air yang ada tidak bisa dipakai atau berkurangnya debit air. Pada musim ini banyak tanaman mengering karena meranggas untuk mengurangi penyerapan air secara alami atau memang jenis tanaman yang memang butuh suplay air lebih banyak dibanding jenis tanaman yang mampu beradabtasi ketika musim kemarau seperti jati, ketepeng, dan lain-lain.

Dikalangan pembudidaya baik tanaman pangan maupun tanaman hias permasalahan ini bukan hal yang memberatkan karena sudah terjadi setiap tahun, tapi berapa orang yang sudah mempersiapkan diri sebelum kesusahan? Herbamart mencoba mencari alternatif tehnik irigasi untuk mengatasi kekurangan air pada musim kemarau.

1.    Irigasi Tetes
Tehnik ini terbilang baru karena ketika saya kecil belum mengenal tehnik irigasi tetes, irigasi alternatif ini muncul setelah adanya permasalahan suplay air yang terbatas sedangkan tanaman bisa mendapatkan air dalam jumlah tidak terlalu besar seperti tanaman keras didaerah tandus, akan tetapi untuk mencukupi kebutuhan air walaupun sedikit bisa diupayakan dengan tehnik irigasi tetes ini. Metode inipun berkembang untuk diaplikasikan pada tanaman hias dan buah dalam pot. Caranya dengan meneteskan air dengan debit yang sudah diatur untuk memudahkan pemantauan bisa habis dalam waktu berapa hari air dalam wadah tersebut untuk diisi ulang.

2.    Tehnik Resapan
Inilah pengalaman masa kecil di mana seorang tetangga meletakkan periuk berisi air di samping tanaman rambutan pada musim kemarau, ternyata tanaman rambutan bisa bertahan hidup dengan suplay air dari periuk tersebut yang ketika diangkat bagian bawah periuk basah walaupun tidak mengalir atau lembab. Tehnik ini bisa dikembangkan menggunakan wadah lain yang lebih rapat tak berpori-pori dengan memberikan lobang kecil agar air bisa merembes diserap tanaman. Cara ini belum herbamart praktekan cuma dalam angan-angan.

3.    Irigasi Suntik
Tehnik irigasi suntik ini banyak digunakan untuk pemupukan sebagaimana yang dilakukan teman saya ketika merawat pohon durian, karena yang disuntikan cairan berfungsi juga sebagai pengairan langsung atau irigasi. Caranya alirkan air melalui selang ke dalam kulit tanaman yang sudah dilubangi.

4.    Irigasi Gantung
Irigasi gantung banyak kita temui di daerah pegunungan, tapi nama yang tepat untuk tehnik irigasi ini sebenarnya bukan gantung karena menggunakan pipa yang diberi penyangga. Tapi nama ini lebih populer sebagaimana nama yang diberikan untuk irigasi vanderwijk didaerah sleman dengan nama-nama berbeda, ada yang menamai buk renteng, adapula yang mengatakan irigasi gantung. Nama irigasi gantung lebih tepat untuk menghubungkan dua ketinggian seperti tebing dua sisi kemudian diletakkan bambu atau kayu penghubung antara dua tebing untuk menggantung pipa.

5.    Irigasi Pompa
Inilah tren baru masyarakat di daerah kami yang dekat sungai, ketika musim kemarau para petani mengairi lahan budidaya menggunakan pompa mesin mengambil air dari sungai atau sumur.

Inilah beberapa tehnik pengairan yang bisa diterapkan sesuai kondisi di daerah Anda.



Penelusuran topik Irigasi Alternatif Pada Musim Kemarau herbamart:
sistem irigasi tetes, kebutuhan air irigasi, desain pintu air irigasi download, makalah irigasi, kualitas air irigasi, irigasi rawa, efisiensi penggunaan air irigasi, pompa air irigasi honda, pengertian saluran irigasi, makalah saluran irigasi, bangunan irigasi, saluran irigasi tersier, saluran irigasi primer, saluran primer, perencanaan saluran irigasi, jenis saluran irigasi, pengertian sistem irigasi, sistem irigasi permukaan, sistem irigasi tetes, sistem irigasi teknis, contoh sistem irigasi, artikel pengertian sistem irigasi, sistem irigasi pertanian, sistem irigasi di jepang, perencanaan jaringan irigasi, pengertian jaringan irigasi, sistem irigasi, pengelolaan jaringan irigasi, kebutuhan air irigasi, jaringan irigasi dilaksanakan berdasarkan rencana, sistem jaringan irigasi, artikel pengertian jaringan irigasi, makalah irigasi pertanian, sistem irigasi, jual irigasi, irigasi air kualitas, teknologi irigasi, pengairan pertanian, irigasi pada sawah, irigasi sawah download, sistem irigasi, pengertian sawah irigasi, makalah sawah irigasi, sawah irigasi teknis, sawah irigasi sederhana, makalah irigasi tetes, cara kerja irigasi tetes, komponen irigasi tetes, irigasi tetes sederhana, irigasi tetes pdf, irigasi tetes ebook, irigasi curah, cara membuat sistem irigasi tetes sederhana

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih