Agro Bisnis Indonesia

Thursday, April 2, 2015

Membuat Pakan Ternak Dari Limbah Kotoran Ternak

Kebutuhan pakan ternak yang sulit didapatkan dengan cara membeli membuat para perternak tak kehabisan akal untuk mensiasati agar ternak tercukupi kebutuhannya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan limbah kotoran ternak untuk pakan ternak. Walaupun dianggap aneh akan tetapi jika dicermati ada beberapa manfaat kotoran ternak bagi ternak itu sendiri.
Penggunaan kotoran ternak sebagai pakan ternak tidak bisa diterapkan semua jenis ternak karena mempertimbangkan beberapa hal.
  1. Keamanan bahan pakan ternak dari ternak yang sakit menyebabkan penyebaran lebih luas dan menjangkiti ternak yang sehat, untuk itu jika hendak membuat pakan ternak dari kotoran ternak sebaiknya memastikan ternak penghasil kotoran tidak ada riwayat penyakit.
  2. Komposisi kandungan kotoran ternak yang akan digunakan memiliki kandungan bahan makanan yang masih baik, belum tercerna secara sempurna, dan bentuknya belum rusak karena terlalu lama. 
  3. Umur dan jenis ternak yang akan diberi makanan kotoran ternak, karena penggunaan kotoran ternak sebagai pakan ternak kebanyakan dari jenis ternak yang rakus seperti, itik, ayam, mentok, dan ikan terutama lele.
  4. Bagi sebagian kaum muslimin masih belum jelas hukumnya apakah boleh menggunakan kotoran ternak sebagai pakan ternak karena termasuk kotoran, bahkan ada yang mengatakan tidak boleh diperjual belikan walaupun ada beberapa ketentuan.
Cara pembuatan dan penggunaan:
  1. Pakan ternak alternatif dari kotoran ternak ini bisa diberikan secara langsung atau dioleh terlebih dahulu, cara terbaik adalah dengan difermentasi sehingga benar-benar sempurna dan kemungkinan bakteri perusak akan mati selama proses fermentasi.
  2. Kotoran ternak bisa diambil langsung atau disimpan dengan menjaga kondisi kotoran tidak rusak ketika diberikan sebagai pakan.
  3. Untuk pakan gurame dan nila biasanya peternak mengeringkan terlebih dahulu sehingga muncul belatung/manggot yang pada intinya, belatung inilah sumber pakan ternak bukan kotoran ternak itu sendiri karena jika telah tumbuh belatung/manggot kotoran ternak telah mengalami fermentasi dan terjadi kerusakan sehingga kemungkinan kandungan penting di dalamnya telah rusak.
  4. Kotoran diambil langsung kemudian dicampurkan dengan bahan lain, menurut akal-akalan toh ternak tidak bisa membedakan mana makanan yang baik dan tidak.
Alasan menggunakan kotoran ternak sebagai pakan ternak.
  1. Ayam broiler, ayam petelur, puyuh, dan itik kandang mengkonsumsi pakan pabrikan yang terdiri dari komposisi bahan makanan bernutrisi tinggi untuk memacu produksi.
  2. Kotoran yang dikeluarkan terlihat masih utuh sehingga diduga belum terserap secara sempurna oleh pencernaan ternak.
  3. Mengurangi bau kandang dari kotoran yang dikeluarkan langsung dibersihkan sebagai pakan ternak setelah diolah, dengan harapan proses dua kali cerna akan membuat kotoran rusak secara sempurna dan baunya berkurang.
  4. Pemanfaatan limbah kotoran ternak sebagai pakan ternak untuk menghemat anggaran dan memanfaatkan nutrisi tersisa dari kotoran ternak.

http://herbamart.blogspot.com/2015/03/penipuan-ternak-makan-batang-pisang.html

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih