Agro Bisnis Indonesia

Thursday, May 7, 2015

Membuat Pupuk Cair Dari Urine

Cara membuat pupuk organik cair dari urin dengan cara cepat, mudah, dan murah serta manfaat yang berlimpah adalah dengan proses fermentasi urin ternak. Tehnik ini telah banyak dilakukan para petani kreatif yang peduli lingkungan dan memiliki keinginan untuk maju dibidang usaha tani dengan modal minim, dikarenakan pemanfaatan urin jarang dilakukan para petani yang tak memiliki pola pikir maju dan berkembang, bisanya hanya ikut-ikutan sesuai tradisi masyarakat.

Jika mau sedikit berpikir, banyak cara mudah membuat pupuk cair organik yang cepat dan murah dibanding membuat pupuk kompos dari kotoran ternak atau sampah memakan waktu cukup lama proses pelapukannya. Bagi Anda yang ingin membuat pupuk organik cair herbamart memberikan materi, panduan, tutorial cara cepat dan lengkap membuat pupuk organik cair dari urin.

Proses pembuatan pupuk organik cair dari urine membutuhkan bahan baku sebagai berikut:
  1. Urin ternak seperti urin kelinci, urin marmut, urin sapi, urin kambing, urin kerbau, dan berbagai jenis urin ternak yang bisa dikumpulkan.
  2. Wadah penampungan bahan berupa drum plastik bak permanen tertutup, disarankan jangan menggunakan bahan logam seperti drum logam, seng, alumuniun, dan sejenisnya karena dikhawatirkan mengalami korosi ketika proses pengomposan atau fermentasi.
  3. Bahan tambahan seperti gula, molase, biang kompos, bakteri pengurai semacam lactobacilus dan sejenisnya. Penambahan air digunakan seperlunya untuk mencairkan bahan tambahan.
  4. Waktu dan kesabaran yang digunakan selama proses pembuatan dan menunggu hingga pupuk cair organik siap pakai.
  5. Uang dan biaya lain untuk mendukung proses kerja pembuatan pupuk organik cari dari urin ternak.

Cara pembuatan pupuk organik cair dari urin sebagai berikut.
  • Proses pembuatan pupuk dari urine tidak ada kententuan khusus karena setiap orang memiliki cara tersendiri sesuai pengalaman dan kreatifitas.
  • Lakukan beberapa experimen untuk mencari tahu proses tercepat pembuatan pupuk organik cair dari urine, itulah mengapa herbamart tidak memberi rekomendasi khusus cara pembuatan pupuk cair ini karena dikhawatirkan Anda sudah tahu, lebih tahu atau ada cara lain yang lebih baik dari yang kami sampaikan. Hanya saja proses pembuatan pupuk cair ini mengarah ke-satu metode yang sama yaitu fermentasi menggunakan biang kompos, adapun produk biang kompos untuk membuat pupuk organik cair tersedia di tempat kami.
  • Cara paling cepat membuat pupuk organik cair dari urine adalah dengan proses pemanasan melalui pemasakan di atas api, cara cepat membuat pupuk organik cair ini sudah dibuktikan teman kami ketika bertanam cabai keriting menggunakan pupuk dari urine kambing, hasilnyapun memuaskan dikarenakan cepat dan murah cara mendapatkan pupuk organik cair dari ternak. Nah, barangkali ini adalah cara tercepat membuat pupuk organik cair menurut herbamart atau mungkin Anda memiliki cara yang lebih cepat membuat pupuk organik cair dari urin silahkan share dengan kami via komentar agar manfaatnya bisa dirasakan orang lain.
[Materi ini belum dilengkapi video, silahkan kembali lain waktu untuk melihat tutorial pembuatan pupuk organik cair. Insya Allah materi yang bersifat panduan akan dipublikasikan dalam bentuk video] 


Penelusuran topik membuat pupuk cair dari urine herbamart:
membuat pupuk cair dari urine sapi, membuat pupuk cair dari urine manusia, cara membuat pupuk cair dari urine sapi, cara membuat pupuk cair dari urine kelinci, cara membuat pupuk cair bio urine, membuat pupuk cair dari sabut kelapa, membuat pupuk cair sendiri, membuat pupuk cair dengan em4, membuat pupuk dari urine sapi, cara membuat pupuk dari urine, cara membuat pupuk cair dari urine sapi, membuat pupuk kompos sendiri, pupuk urine kelinci, pupuk urine manusia, pupuk urine sapi, pupuk urine kambing, pupuk urine download,pupuk urine ppt, analisis urine ppt, fermentasi urin sapi, cara fermentasi urine sapi, cara fermentasi urine kelinci, fermentasi urine sapi sebagai pupuk cair untuk meningkatkan produksi pertanian, fermentasi urine sapi dengan em4, fermentasi urine manusia, fermentasi urine kambing.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih