Agro Bisnis Indonesia

Tuesday, April 14, 2015

Cara Alami Menghilangkan Bau Kandang Ternak

Apapun ternak Anda, baik ayam kampung, aduan, bangkok, hias, petelur, broiler, ras, buras, kate, arab, unggas, itik bebek, angsa, mentok, burung kicauan, merpati, kalkun, bahkan ternak besar seperti kambing, domba, jawa, kacangan, etawa, maupun sapi perah dan potong, kerbau, dan ternak peliharaan dalam kandang hanya ada satu cara menghilangkan bau kandang secara alami. Yaitu menggunakan metode alamiah yang mudah dan murah.
Sebelum mengaplikasikan metode menghilangkan bau kandang secara alami perlu diperhatikan makna alami dalam masalah ini agar tidak salah memahami. Dalam kamus besar bahasa Indonesia makna alami adalah: terpaut dengan alam, atau secara alamiah tanpa campur tangan manusia dan bahan sintetis. Ataupun juga melalui bantuan manusia akan tetapi menggunakan bahan alam tanpa campuran kimia. Inti dalam permasalahan ini adalah bagaimana cara menghilangkan bau kandang ternak menggunakan bahan alami atau tanpa adanya rekayasa baik keterlibatan manusia atau faktor pendukung lainnya.
Menemukan jawaban ini cukup sulit karena bagaimanapun setiap makanan yang dikonsumsi hewan dan manusia butuh adanya proses pemasakan untuk menghancurkan material berat dan kasar menjadi halus sehingga mudah diserap usus untuk dialirkan kesemua jaringan tubuh untuk memperbaiki dan mengganti jaringan tubuh yang rusak. Proses kedua adalah pelapukan hasil akhir atau limbah yang mengalami fermentasi sehingga dalam proses ini terjadi pemanasan dan penguapan. Proses penguapan inilah faktor utama penyebab bau kandang ternak, semakin lama proses fermentasi semakin bau aroma yang ditimbulkan, ibarat ketika masak belum matang. Faktor lainnya adalah sumber bahan makanan itu sendiri berasal dan sifatnya, di antaranya adalah jenis bahan makanan yang sulit dicerna dan mudah dicerna serta memiliki sifat mudah hancur.
Jawaban dari permasalah ini hanya satu dalam mengatasi bau kandang ternak yaitu, proses fermentasi bahan makanan dipercepat menggunakan metode fermentasi sehingga pakan siap pakai dan tidak mengalami proses fermentasi limbah akhir atau kotoran ternak mengalami proses pembusukan dalam waktu lama. Gunakan probiotik pengurai limbah dan pengurai bahan makanan yang sudah kami sediakan di sini.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih