Agro Bisnis Indonesia

Wednesday, November 2, 2011

Tips Meningkatkan Nafsu Makan dan Menghilangkan Bau Kotoran/Kandang untuk Peternakan

Beberapa pengalaman menarik kami sajikan untuk Anda yang mengalami stres karena peternakan Anda menjadi polusi dilingkungan sekitar peternakan Anda. Mungkin Anda sudah melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan bau kandang dengan berbagai produk yang harganya cukup menguras anggaran terlebih lagi penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak yang bisa menimbulkan stres bagi karyawan karena waktu kerja semakin bertambah akan tetapi gaji tidak bertambah yang berimbas stres bagi Anda sendiri.
Berikut ini kami berikan sebuah pengalaman menarik beberapa peternak untuk menghilangkan bau kandang berasal dari tinja atau feses ternak dari beberapa peternak yang kami temui walupun tidak banyak tapi cukup dijadikan rujukan dan pelajaran bagi Anda.
Beberapa waktu lalu saya menemui peternak ayam petelur di desa ngalian wonosobo yang mengeluh karena bau kandangnya mengganggu tetangga, ketika pertama kali saya datang memang cukup bau dari penampungan limbah kadang akan tetapi untuk kedua kalinya saya datang sudah tidak bau lagi, dan menurut penuturan tetangganya sudah dilakukan penanggulangan untuk menghilangkan bau menggunakan produk penghilang bau kandang yang dibeli ditoko peternakan yang tentunya bukan produk yang murah dan hemat tenaga karena untuk menghilangkan bau kandang perlu penyemprotan demikian juga peternakan puyuh teman saya di desa Salamerta Banjarnegara mengalami hal yang sama.
Cerita ini bertolak belakang dengan pengalaman kami dan seorang ketua peternak itik desa somawangi banjarnegara yang menggunakan produk dalam bentuk cair sebagai minuman dan campuran pakan untuk menghilangkan bau kotoran karena lebih hemat waktu dan harganya murah serta ramah lingkungan karena produk ini berbasis organik, selain bau kandang hilang nafsu makan juga meningkat serta ternak lebih tahan terhadap perubahan cuaca, pengalaman ini diceritakan kepada saya ketika saya berkunjung kerumahnya dan dan saksikan oleh peternak yang lain, jika Anda seorang yang bijak silahkan ikuti cara menghilangkan bau kandang menurut pengalaman peternak yang saya sebutkan di atas baik cerita pertama ataupun ke dua.
Cara pertama; Anda bisa mendapatkan produk ini di toko-toko peternakan disekitar lingkungan Anda dengan harga yang bervariasi.
Cara ke dua; produk ini juga bisa Anda dapatkan di tempat kami dengan harga hanya Rp. 90.000/liter belum termasuk ongkos kirim.
Untuk itu sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satunya mohon pertimbangkan manfaat dan kerugian jika memilih salah satunya dari sisi biaya, waktu, tenaga, dan kelangsungan peternakan Anda dimasa yang akan datang.

Lengkapi pengetahuan anda tentang cara membuat pakan alternatif dari beberapa judul yang kami di sini.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih