Agro Bisnis Indonesia

Thursday, November 10, 2011

Potensi Bisnis di Musim Hujan

Musim hujan telah berlalu beberapa waktu yang tentunya banyak makhluk telah merasakan manfaat yang begitu banyak dari curahan air hujan, selain banyak tumbuhan mulai bersemi, geliat bisnis dalam musim ini mulai terlihat. Banyak petani mengolah tanah untuk pertanian dan perikanan dan banyak pula sumber bahan makanan alami mudah didapat.

Dalam beberapa waktu ini saya juga telah merasakan manfaat yang banyak dari musim hujan yang selama ini dinantikan karena ketika musim panas banyak sumber daya alam yang tidak banyak memberikan hasil untuk kebutuhan seperti ketersediaan bahan makanan alami untuk manusia dan ternak, saat ini saya dengan mudah mendapatkan bahan makanan alami untuk ternak kami, rumput-rumput untuk campuran pakan ayam banyak saya dapatkan sehingga kebutuhan pakan ayam yang saya pelihara tercukupi dengan biaya yang murah, cukup dengan campuran ampas singkong, rumput, dan konsentrat sebagai pakan sehari-hari, berbeda dengan kondisi beberapa waktu yang lalu di mana semua bahan makanan ternak cukup sulit didapat bahkan bekatul saja mencapai Rp. 2.700/kg sementara kondisi kesehatan ternak semakin menurun serta harga jual yang sangat rendah, akan tetapi alhamdulillah dengan probiotik multiguna semua kendala kesehatan ternak bisa diatasi.
Bagi sebagian orang dalam musim hujan ini telah menjadi sebuah lahan bisnis baru atau memang kegiatan usaha yang sering dilakukan setiap musim hujan, seperti penjual payung dan jas hujan, atau tukang servis payung yang sering saya temui berkeliling dari rumah kerumah.
Bagi para petani ikan metode mina padi merupakan pilihan bisnis setiap musim hujan karena melimpahnya air sebagai modal pokok dalam memenuhi kebutuhan proses budidaya mina padi.
Hal ini cukup berbeda dengan para pedagan minuman seperti es, mereka akan beralih untuk menjual dagangan yang sesuai musim hujan, walaupun omsetnya tidak sebanyak menjual es akan tetapi bagi mereka yang sudah menjadi kegiatan rutin tetap mereka jalani. Akan tetapi sebagian mereka terjun ke sawah karena pada musim ini tenaga kerja dibidang pertanian meningkat tajam.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih