Agro Bisnis Indonesia

Saturday, November 26, 2011

MOL (micro organisme lokal) alternatif baru bagi petani untuk membuat pupuk organik cair

Kesuburan tanaman dipengaruhi oleh banyaknya micro organisme dalam tanah yang mampu mengurai bahan organik sehingga menjadi makanan utama bagi tanaman, micro organisme ini banyak terdapat di dalam pupuk organik yang berasal dari limbah pertanian ataupun pupuk kandang.

Secara umum micro organisme ini bisa dikembangbiakan secara alami maupun buatan menggunakan bibit bakteri pengurai seperti bakteri untuk pembuatan yogurt dan nata de coco, sementara secara alami micro organisme ini bisa didapatkan dengan menggunakan bahan organik yang difermentasi mengunakan gula. Proses ini lazim digunakan untuk pembuatan pupuk organik cair, bagi Anda yang ingin membuat pupuk organik cair ada beberapa pilihan bahan pengurai yang disebut micro organisme lokal (MOL) baik yang berasal dari tanaman atau hewan di antaranya urin hewan, limbah pertanian, limbah agro industri, dan limbah rumah tangga. Hasil fermentasi dari bahan-bahan tersebut akan menghasilkan micro organisme lokal yang ditandai dengan aroma seperti tape dan bisa digunakan untuk memupuk tanaman setelah diencerkan dengan perbandingan 10-25 cc dengan 10-15 liter air.
Cara yang paling praktis dan mudah menggunakan bibit micro organisme, selain cepat dan murah Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan membuat pupuk organik cair (POC) sendiri untuk dijual kepada petani atau digunakan sendiri, penggunaan bibit micro organisme ini diperuntukan bagi Anda yang ingin membuat pupuk organik cair dengan cepat dan hemat biaya atau Anda kesulitan mendapatkan bahan-bahan untuk membuat micro organisme lokal (MOL), dengan biaya kurang dari Rp. 10.000 Anda bisa membuat pupuk organik buatan sendiri dalam jumlah banyak. Jika Anda menemui kesulitan dalam pembuatan pupuk organik cair ini menggunakan bibit POC atau menggunakan micro organisme lokal (MOL) bisa menghubungi kami.


Penelusuran topik MOL (micro organisme lokal) alternatif baru bagi petani untuk membuat pupuk organik cair herbamart:
cara membuat pupuk organik cair, harga pupuk organik cair, makalah pupuk organik cair, manfaat pupuk organik cair, pengertian pupuk organik cair, pembuatan pupuk organik cair, pupuk organik cair nasa, cara membuat pupuk organik cair download, cara ajaib membuat pupuk organik kompos purbalingga, cara membuat pupuk organik dari kotoran sapi, membuat pupuk kompos sendiri, membuat pupuk organik sederhana , cara membuat pupuk organik padat, cara membuat pupuk organik cair, membuat pupuk organik dari kotoran sapi, membuat pupuk organik sendiri, cara membuat pupuk organik, pupuk organik cair, harga pupuk organik, pupuk kompos, pengertian pupuk organik, jual pupuk organik, pupuk organik nasa, manfaat pupuk organik

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih