Agro Bisnis Indonesia

Thursday, June 9, 2016

Budidaya Stroberi Dataran Rendah Media Sekam

Klik gambar untuk memperbesar
Stroberi jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi memiliki produktifitas yang cukup tinggi walaupun kadang agak asam rasanya. Akan tetapi dengan berkembangnya pengetahuan orang cara berpikir lebih maju untuk memanfaatkan sumber daya dan mengoptimalkan hasil. Di antaranya adalah dengan tehnik budidaya stroberi secara hidroponik, lalu bagaimana jika tidak bisa dibudidayakan secara hidroponik karena terkendala biaya pengadaan perlengkapan hidroponik yang mahal? herbamart melakukan serangkaian percobaan budidaya stroberi dataran rendah menggunakan media sekam kering, yang tentunya butuh tehnik khusus agar tanaman tumbuh subur dan berbuah.

Cara yang herbamart gunakan tidaklah rumit dan mahal, yang dibutuhkan hanyalah bibit stroberi yang dibeli ditoko tanaman hias seharga Rp. 5.000 perbatang waktu itu. Ketika artikel ini ditulis tanaman sudah berumur 6 minggu sejak pertama kali beli dan belum berbuah karena kondisi bibit ketika beli masih kecil berdaun 5. Berikut ini resep budidaya stroberi dataran rendah menggunakan media sekam kering:
  • Siapkan bibit baik dengan cara membeli atau memisahkan dari indukan bagi yang sudah punya, jika Anda mendapatkan bibit dari dataran tinggi sebaiknya kondisikan dulu supaya tanaman beradabtasi terhadap lingkungan baru dengan cara diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari siang.
  • Siapkan media berupa campuran sekam kering dan kompos siap pakai, herbamart menggukana kompos yang dijual di toko pertanian Rp. 25.000perkarung isi 50kg.
  • Campurkan media 1:1 kemudian masukan ke dalam polibag atau pot.
  • Tanam bibit stroberi berikut media aslinya agara tanaman tidak stress, akan lebih baik lagi sebelum bibit ditanam campuran sekam dan kompos dibasahi air secara merata dan biarkan sekitar 1-2 minggu.
  • Pemupukan lanjutan menggunakan pupuk NPK yang tersedia di toko-toko pertanian, kami menggunakan pupuk NPK Mahkota karena cepat larut dalam air.

Tunggulah tanaman stroberi hingga berbuah dengan diberikan pupuk buah dengan cara kocor atau semprot setiap 8-10 hari sekali.


Penelusuran topik Budidaya Stroberi Dataran Rendah Media Sekam:stroberi dataran rendah, media sekam, sekam bakar, keunggulan sekam, keunggulan sekam bakar, kompos dari sekam, khasiat buah stroberi, cara budidaya stroberi dari stolon/sulur, cara budidaya stroberi hidroponik berbuah lebat, pupuk buah stroberi, agar tanaman stroberi berbuah lebat, asal usul tanaman stroberi, dodol stroberi, cara membuat selai stroberi, cara membuat manisan stroberi, aneka makanan dari stroberi.

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih