Agro Bisnis Indonesia

Monday, May 4, 2015

Cara Membuat Sabun Cair

Sabun cair memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding sabun padat maupun sabun bubuk, salah satu kelebihan sabun cair adalah mudah dibuat dengan cepat baik dengan proses dingin maupun panas semua produk sabun cair seperti sabun cair laundry,  sabun cair herbal,  sabun cair cuci piring,  sabun cuci cair,  sabun mandi cair, maupun shampo memiliki fungsi yang sama untuk membersihkan sesuai kebutuhan.

Cara membuat sabun cair lebih mudah dibanding sabun padat karena bahan yang digunakan didominasi oleh bahan cair seperti minyak dan air dalam jumlah lebih banyak agar produk cair atau kental, secara umum sabun cair memiliki tektur lebih kental untuk menjaga produk aman saat dikemas karena jika terlalu encer produk akan mudah merembes dan menyebar ke mana-mana. Saat ini banyak kita temukan produk sabun cair dijual di pasaran dengan berbagai varian produk mulai dari sabun mandi cair, sabun cuci pakaian cair plus pewangi dan pelembu, sabun cuci cair untuk perabotan dengan aroma lemon, dan sabun cuci cair untuk mencuci kendaraan.
Cara membuat sabun cair sudah kami posting sebelum ini, silahkan baca tutorial lengkap membuat sabun cair sendiri dari bahan alami maupun kimia sintetis untuk menambah wawasan Anda tentang seluk-beluk sabun. Secara umum proses pembuatan sabun cair sebagai berikut.
Siapkan semua bahan sabun termasuk bahan pembersih seperti kaustik soda, SLS, ABS, dan lain-lain sesuai keinginan Anda karena setiap bahan pembersih memiliki kelebihan dan kekurangan, contohnya adalah kaustik soda memiliki sifat panas ketika tercampur air, sehingga ketika proses pembuatan disarankan menggunakan alat yang tidak korosif, dan menggunakan sarung tangan serta peralatan pengaman agar terhindar dari percikan kaustik soda.
Dinginkan bahan pembersih kemudian blender dan campurkan minyak, panaskan dan tambahkan bahan-bahan lain hingga selesai dinginkan dan kemas menggunakan bahan yang tidak mudah bocor dikarenakan produk cair.

Video belum tersedia, silahkan datang kembali lain waktu atau baca materi yang lain tentang sabun diblog ini.

Penelusuran topik cara membuat sabun cair herbamat:
cara membuat deterjen cair laundry, cara membuat sabun cair cuci piring, cara membuat sabun cair herbal, cara membuat sabun cair dari sabun batangan, cara membuat sabun cair alami, cara membuat sabun cair wajah, cara membuat sabun cair cuci tangan, cara membuat sabun cair sendiri

0 komentar:

Post a Comment


Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan, akan tetapi kami tidak mengetahui kebutuhan Anda.
Silahkan berikan komentar di sini barangkali kami bisa memberi solusi.
Terimakasih